“Dek, kalau udah dewasa nanti kamu mau jadi apa?”
“Mau jadi Youtuber dong ma. Kayak si A idolaku itu”

Jadi keren dan hits di kalangan pergaulan adalah salah satu hal yang didambakan banyak orang. Apalagi dengan adanya media sosial kepopuleran makin diinginkan karena keren dan hits berarti bisa dapet penghasilan yang lumayan. Pantas aja banyak banget di jaman now ini remaja yang ngebet pengen jadi Youtuber, selebgram, selebtwit, atau seleb medsos lainnya.

Sah-sah aja tentunya apalagi kalo itu emang passion kamu banget. Bikin akun Youtube tentang hobi masak kamu misalnya, atau bikin blog tentang passionmu sama fashion terkini. Kalau ditekuni serius dengan rajin bikin konten ori yang keren dijamin blog atau channel Youtube mu akan mudah dicari orang. Populer deh!

Tapi, jangan sampai demi jadi populer di media sosial lantas kamu ngelakuin hal-hal yang nggak baik ya. Ada beberapa rambu-rambu yang kudu kamu patuhi biar kamu gak kebablasan dan malah jadi bahan viral untuk hal yang memalukan.

1. Tweetmu harimaumu. Pikirkan baik-baik sebelum memposting sesuatu

Bijak posting

Berinteraksi secara online itu penuh dinamika. Seringkali memicu perdebatan panas hanya gegara komen yang asal atau tweet nggak penting. Sebelum terlanjur jadi viral maka penting banget kamu untuk bisa ngontrol emosi dalam semua interaksi onlinemu. Pikir lagi sebelum posting komen di akun orang lain, atau update status. Bukan kejadian sekali dua kali ada orang yang kehilangan kerjaan atau nggak jadi dapet beasiswa karena postingan asal yang mungkin udah dilupakan sama yang buat. Inget lho jejak rekam digital itu nggak bakal hilang meski udah kamu hapus. So be wise!

2. Plagiat is a big NO! Bikin konten yang otentik plus unik biar feeds-mu menarik

konten unik

Jangan copas, atau ngutip tanpa kredit ke sumber yang kamu pake. Itu namanya plagiat! Inget heboh kasus plagiat status Facebook akun Afi Nihaya Faradisa kan? Status-status keren dan puisinya itu ternyata copas dari tulisan orang tanpa nyebutin sumbernya. Terkenal karena plagiat? Enggak deh ya. Makanya bikin konten original, khas diri kamu sendiri  itu penting. Memang menantang kreativitas, tapi bukankah kepopuleran nggak bisa diraih dengan mudah? Pasti kamu bisa kok.

Jangan lupa kasih gimmick-gimmick unik yang kamu banget biar gampang diingat netizen. Satu lagi, bikin konten-konten unik kayak gini juga perlu konsisten lho ya, biar yang datang ke medsosmu juga terus-terusan.

3. Oh iya, populer di media sosial juga bisa diraih kalau kamu berprestasi di dunia nyata

berprestasi via www.facetofeet.com

Meskipun hasrat populer di media sosial begitu menggebu, jangan lupa ya kalau kamu juga punya dunia nyata yang harus dijalani dan diperjuangkan. Kalau kamu pengen jadi populer di medsos, mengukir prestasi adalah cara yang paling masuk akal. Ketika kamu sudah terkenal di dunia nyata karena prestasi yang kamu buat, otomatis ketenaran di medsos juga akan mengikuti. Nggak percaya? Coba deh cek Jonatan Christie yang akunnya tiba-tiba jadi ada tambahan centang biru setelah berprestasi di Asian Games kemarin. Nggak pengin tuh jadi kayak gitu?

Jadilah seleb di medsos karena hal-hal yang positif, bukan karena hal-hal berbau kontroversi yang ujung-ujungnya malah bikin namamu dan orang-orang tedekatmu jadi ikutan tercemar. Kelak kalau kamu udah beken di medsos, follower-mu bakal memerhatikan apa pun yang kamu lakukan. Jadi tetap kontrol dan berhati-hati saat memposting sesuatu ya!

  • 2.1K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA