Kesel nggak sih kalau tiba-tiba pas bangun tidur, kamu menemukan jerawat yang muncul di wajahmu? Padahal malam harinya nggak ada keluhan apa-apa. Begitu bangun udah ada jerawat aja di muka. Sialnya, jerawat-jerawat ini lalu makin bertambah lagi dan lagi, akibatnya wajahmu dipenuhi bintik-bintik aneh menyebalkan. Jadi nggak pede ‘kan?

Kadang suka gemas sendiri, kenapa sih jerawat-jerawat ini betah banget ada di wajah? Padahal ‘kan masih muda, tapi wajahnya udah bermasalah aja. Daripada bete-bete nggak jelas, cari tahu penjelasannya bareng-bareng, yuk!

1. Produksi hormonmu itu lagi tinggi-tingginya, alhasil kelenjar minyak di kulit ikut membesar juga

Hormon pubertas yang lagi tinggi-tingginya
Sumber: 123rf.com

Saat memasuki masa puber, tubuhmu akan melepaskan berbagai jenis hormon tertentu. Hormon-hormon inilah yang menyebabkan beberapa anggota tubuhmu mengalami perubahan. Termasuk juga mood yang naik turun. Nah, peningkatan hormon ini memicu produksi kelenjar minyak yang berlebih, terutama pada wajahmu. Makanya jangan heran kalau wajahmu jadi kusam dan nggak segar gitu.

Dr. Mark Koh, seorang Konsultan Dermatologi di KK Women’s and Children’s Hospital, mengatakan bahwa ketika tumpukan kotoran dan debu di wajah menyumbat kelenjar minyak, maka bisa memicu kemunculan bakteri yang menyebabkan pembengkakan alias jerawat. Nah, biasanya jerawat ini bakal muncul kalau kamu malas membersihkan wajah. Nah lho, harus mulai rajin-rajin ngebersihin muka, nih.

2. Selain karena hormon, jerawat juga bisa disebabkan karena faktor keturunan lho! Kok bisa, ya…

Faktor keturunan
Sumber: 123rf.com

Penyebab jerawat pada remaja sepertimu nggak melulu karena hormon semata. Kalau kata Dokter Sehat sih, faktor keturunan juga punya pengaruh. Misalnya nih, jika ibu atau ayahmu juga berjerawat saat remaja atau dewasa, maka kamu juga akan mengalami hal yang sama. Ini lho jawabannya kenapa saat orang lain jerawatnya biasa aja atau bahkan cepat hilang, jerawatmu justru nggak ada habisnya. Coba deh tanyain ke ayah atau ibumu, siapa tahu jerawatmu itu bawaan dari mereka. Tapi bukan berarti kamu lantas menyalahkan mereka lho, ya… :p

3. Eh tapi ada juga lho kemungkinan jerawatmu karena kamu keliru pakai produk perawatan wajah

Jangan sampai keliru memilih produk perawatan wajah ya
Sumber: 123rf.com

Kulit wajahmu itu lagi sensitif banget lho, makanya perlu hati-hati untuk memilih produk perawatan wajah seperti sabun muka, misalnya. Tatiana Aybinder, seorang Konsultan Dermatologi bilang kalau menggunakan produk dengan label oil-free atau non-comedogenic bikin pori-pori wajahmu tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Nah, biar jerawatmu nggak makin parah, pilihlah produk perawatan wajah dengan kandungan salisylic acid atau glycolic acid yang berguna memecah minyak pada pori-pori yang tersumbat. Tapi, pakainya juga jangan berlebihan, apalagi kalau bentuknya scrub. Kulit yang terus-terusan tergesek lama-lama akan menipis dan justru jadi rentan jerawatan.

4. Kebanyakan makan kacang bikin jerawat? Jangan percaya dulu, ini cuma mitos kok!

kebanyakan makan kacang
sumber: https://www.npr.org/sections/thesalt/2016/03/04/469237111/peanut-mush-in-infancy-cuts-allergy-risk-new-study-adds-to-evidence

Banyak orang bilang makan kacang itu bikin jerawatan. Hmm, jangan keburu percaya dulu ya. Faktanya, kacang nggak menimbulkan jerawat. Lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak nggak jenuh, yakni lemak baik yang justru bermanfaat bagi kesehatan. Pernyataan ini berdasar pada penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology dan The Journal of American Medical Association.

Kecuali, kacang yang diolah dengan cara digoreng, maka kadar lemak jenuh dalam kacang tersebut jadi tinggi karena minyak yang digunakan untuk menggoreng juga mengandung lemak jenuh. Termasuk juga kalau kamu kebanyakan makan gorengan, jangan harap wajahmu mulus tanpa jerawat. Bahkan ikan yang tadinya makanan sehat aja jadi masalah kalau digoreng lho! Makanya, mulai sekarang kurang-kurangin makan gorengan, yuk!

Biar nggak gampang jerawatan, coba terapkan beberapa trik yang bisa kamu lakukan ini

Jerawat yang muncul di wajah di masa-masa remaja itu wajar. Hampir semua orang pernah jerawatan kok, jadi kamu nggak perlu khawatir berlebihan. Coba deh terapkan trik-trik ini biar jerawatmu nggak makin merajalela.

  1. Jangan malas membersihkan wajah, terutama sebelum tidur.
  2. Makan makanan sehat seimbang, perbanyak makan sayur (terutama sayuran segar yang bersih) dan buah minimal 3x per hari. Hindari gorengan, ya!
  3. Minum cukup air putih sesuai kebutuhan kamu. Salah satu cara paling mudah menilai kebutuhan airmu tercukupi atau tidak, bisa dilihat dari warna pipismu. – CEK tabel di bawah!
  4. Jangan tutupi kulit wajah dengan kosmetik sepanjang hari dan pilih yang aman dan cocok dengan kulit kita
  5. Gerak-gerakin badanmu minimal 60 menit sehari. Tubuh jadi lebih bugar, stres berkurang, kulit pun jadi lebih sehat dan bebas jerawat.
  6. Lakukan kegiatan positif atau menjalani hobi bareng teman-teman biar kamunya happy, pikiran juga nggak fokus soal jerawat aja.
  7. Banyak-banyak senyum dan nggak marah-marah melulu.
  8. Kalau kamu udah sebal banget sama jerawatmu, jangan coba-coba pakai obat jerawat abal-abal deh, mending langsung ke dokter kulit yang terpercaya aja biar kulitmu nggak makin rusak nantinya. Atau kamu juga bisa ke fasilitas kesehatan yang punya layanan kesehatan remaja supaya kamu dapat layanan yang lebih oke.

Setiap orang pasti pernah jerawatan kok, terlebih kamu yang lagi di masa-masa pubertas. Nggak perlu sampai kepikiran cuma gara-gara jerawat ya, karena justru bikin wajahmu jadi makin dipenuhi bintil-bintil yang menyebalkan ini. Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan trik-trik di atas, maka niscaya jerawat pun bakal cuma mampir doang

 

 

  • 4.6K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA