Nemuin passion itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Soalnya passion itu lebih dari sekadar hobi tapi juga keinginan hati yang demikian kuat dan bisa jadi sumber motivasi serta semangat. Bahkan ada yang sampai bilang kalau, “passion-mu ya jati dirimu.” Oleh karena itu kamu yang udah nemuin passion di usia semuda ini, kamu patut bersyukur. Sementara kamu yang belum? Nggak perlu berkecil hati.

Mungkin kata Ina Zakaria ini ada benarnya, “Passion itu menentukan apa yang mau kita lakukan selanjutnya. Bisa juga menentukan masa depan. Awalnya aku gak kepikiran mau jadi apa, sekarang, aku mau mempelajari sastra lebih dalam dan jadi editor. Aamiin…” kata Ina yang siswi SMA sekaligus penulis fiksi.

Buat kamu yang masih ngira-ngira sebenernya passionmu itu apa mungkin 4 langkah di bawah ini, bisa bantu kamu nemuin passion-mu.

1. Coba tanya beberapa pertanyaan ini dulu sebelum memutuskan apa passion-mu

 

Passion itu nggak bisa kamu temukan dengan instan. Nah sebelum kamu cari tahu passion-mu apa, coba kamu tanyain pertanyaan-pertanyaan ini dulu:

Hal apa yang bikin kamu senang?
Topik yang bikin kamu semangat apa?
Masalah atau isu apa yang sering bikin kamu geregetan?
Yang pengen banget kamu kejar dalam hidup ini apa?

Pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya untuk menilai diri sendiri seperti itu sangat berguna buat menentukan passion-mu apa. Biar nggak salah menentukan passion juga ~

2. Ingat-ingat deh dulu pas kecil kamu sukanya apa

 

Sangat penting mengingat apa yang kamu suka saat masih kecil dulu buat menentukan apa passion-mu. Masa kecil adalah masa yang paling ‘suci’, sehingga kesukaanmu saat kecil dulu bisa jadi refleksi passion-mu dan jati diri.

Misal saat kecil kamu suka sepak bola, bisa jadi passion-mu berhubungan dengan aktivitas olah raga. Kalau masa kecilmu suka baca novel, bisa jadi passion-mu punya hubungan sama dunia literasi. Kalau kesukaanmu banyak, bisa jadi jalan passion-mu juga beragam. Tinggal gimana kamu memilih passion yang paling kamu banget. Nah berawal dari kesukaan masa kecil, kamu bisa kok menentukan passion demi masa depanmu!

3. Oh iya, menurutmu apa sih yang jadi kelebihanmu?

 

Karena tiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka nemuin kelebihanmu ini  tak kalah penting biar kamu bisa memilah mana passion yang harus kamu kejar.  Karena akan lebih mudah memulai langkah untuk lebih fokus ngejar passionmu kalau itu berangkat dari kelebihanmu. Misalnya, kalau dari kecil udah suka ngegambar dan sampe gede semua terkait gambar menggambar jadi kelebihanmua, itu udah jadi jadi modal awal kamu untuk mulai nekunin seni lukis dan gambar sebagai passion kamu, yekan?

4. Jangan berhenti di situ, coba kembangin kesukaanmu sembari coba beberapa hal baru

 

Nah setelah kamu mulai paham mana yang jadi passion-mu, jangan berhenti di situ! Kamu tetap harus mencoba hal baru. Tujuannya apa? Ya tentu untuk menunjang passion pilihanmu. Misalkan passion-mu berhubungan dengan dunia menggambar, cobain terus teknik-teknik gambar baru atau bahkan kamu bisa coba belajar teknik seni rupa lainnya. Selain bisa tambah pengetahuan, mencoba hal baru tersebut juga bisa menambah sudut pandang dan skill buat mengembangkan passion-mu! Buat kamu yang nantinya pengen bisa dapet penghasilan dari passion, jangan lupa untuk terus belajar!

Mumpung masih muda, ini waktu yang paling tepat buat kamu nyobain banyak hal baru dan gak papa kalo sekali-kali bikin kesalahan. Manfaatkan usia mudamu buat curi start cari apa passion-mu. Kalau kamu masih bingung dan belum nemu pastinya apa yang jadi passion-mu, cobain aja 4 hal ini dulu, biar kamu bisa menggali apa yang jadi passion kamu!

  • 3.8K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA