Pernahkah kamu merasa asing dengan bayanganmu sendiri di cermin sekarang dibandingkan dengan foto masa kecilmu beberapa tahun lalu? Terlihat perubahan pada tubuh kamu. Mulai dari kulitmu, rambutmu dan bahkan perasaanmu juga semakin berubah. Pernah gak kamu bertanya-tanya apa yang bikin kamu berubah jadi kayak sekarang?

Itulah yang namanya puber. Biasanya ditandai dengan perubahan pada fisik yang dialami oleh setiap orang pasti mengalami puber kok. Biar nggak bingung lagi, coba deh perhatikan ciri-ciri perubahan fisik saat puber ini. Kamu udah ngalamin belum? Kalau belum ngalamin di usia tertentu, baiknya kamu mulai ke dokter. Yuk kita cek satu-satu perubahan yang akan kita alami!

Bagi cewek, ukuran payudaranya mulai membesar

Pubertas pada cewek biasanya diawali dengan pertumbuhan payudara. Biasanya mulai muncul di usia 8-12 tahun. Bisa jadi payudara yang satu tumbuh duluan, jadi, kalau ukuran payudara yang kiri beda sama yang kanan, nggak usah khawatir ya, itu normal kok… Kamu mesti mulai cari info lebih lanjut kalau sampai umur 14 tahun belum ada tanda-tanda payudara akan tumbuh.

Cewek lebih cepet tinggi

Ketika masa puber tiba, tinggi badan cewek akan lebih cepat naik di masa pubertas awal. Bahkan saking cepatnya, mungkin kamu merasakan pegal di beberapa bagian badanmu sebagai akibat dari proses pertumbuhan ini. Kalau kamu merasakan pegal-pegal ini sudah dalam tahap menyakitkan, kamu harus bilang sama ortu dan konsultasi ke dokter untuk bisa bantu kamu mengatasi hal ini.

Menstruasi

Kalau kamu cewek gak mengalami kecelakaan di area alat vital atau melakukan hubungan seksual, dan kemudian nemuin ada darah keluar dari vaginamu, jangan panic dulu. Itu kemungkinan darah menstruasi yang mengalir dari kandunganmu. Mens pertama ini waktunya beda-beda tiap orang, ada yang udah mens sejak umur 8 tahun, ada juga yang baru mens pas umurnya udah 14-15 tahun. Kalau kamu belum juga mens hingga 17 tahun, mulai cari tahu lebih lanjut ya mengapa belum terjadi.

Hal lain yang mungkin kamu alami selama menstruasi juga adalah kram perut, perut kembung dan kadang diare. Lagi-lagi jangan panik, karena itu bagian dari menstruasimu.

Kalau cowok, ukuran testis dan penis yang membesar

Nggak jauh beda dengan tanda puber cewek yang payudaranya membesar, ciri-ciri awal cowok saat puber adalah ukuran penis dan testis yang membesar. Nah, setelah itu umumnya cowok bakal mengalami ereksi yang mungkin kadang memalukan. Lalu mimpi basah dimana penismu akan ereksi sendiri dan mengeluarkan air mani, kamu baru tahu saat bangun tidur tanpa disadari. Nggak usah bingung, karena itu sesuatu yang kamu tak bisa control dan itu tandanya organ seksualmu udah mulai matang.

Cowok suaranya membesar dan jakun mulai kelihatan

Hormon yang meningkat saat puber juga bikin ukuran laring (organ yang membuat suara) membesar. Akibatnya, suaramu jadi kayak memberat gitu. Tapi tenang, ini normal kok, itu artinya tubuh sedang beradaptasi dengan ukuran laring yang baru.  Cewek juga ngalamin sebetulnya dengan perubahan suara yan menjadi lebih dalam, cuma bedanya kalo cowok jadi keliatan ada jakun di lehernya, kalo cewek nggak punya hehe..Intinya gak perlu panik, itu normal kok..

 

Perubahan fisik dan emosi itu normal terjadi saat kamu masuk masa puber. Tapi memang nggak bisa disamain antara yang satu dengan yang lain karena waktu datangnya puber dan perkembangan tubuh masing-masing orang itu beda-beda.

Jadi, kalau kamu udah ngerasain beberapa perubahan di atas, jangan bingung atau malu ya, kamu gak ngalamin itu sendirian dan itu tandanya kamu udah mulai gede. Kalau masih bingung juga apakah yang kamu alami itu normal jangan malu untuk bertanya ke orangtua atau konsultasi layanan kesehatan khusus remaja ya, Masa puber terjadi pada semua orang yang menjadi dewasa, jadi mereka bisa jawab pertanyaanmu dan kasih saran.

  • 2K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA