Jadi remaja itu nggak gampang. Selain karena banyak yang masih galau menentukan jati dirinya, masa remaja juga bisa dibilang masa yang dipenuhi banyak perubahan yang bikin minder. Mulai dari perubahan sosial hingga perubahan fisik.

Udah gitu, makin ke sini makin banyak orang yang nggak peka. Bukannya ditenangin dan didukung untuk hidup sehat, zaman sekarang netizen hobi banget bully orang yang fisiknya dipandang nggak sesuai standar mereka. Karena itu banyak remaja yang akhirnya minder dan malu dengan fisik yang mereka punya.

Padahal, punya fisik yang nggak sesuai standar orang-orang itu bukan akhir dari segalanya. Tapi karena nyinyiran netizen, remaja-remaja jadi korbannya. Sampai-sampai minder dan ngerasa patah semangat. Coba deh kamu dengerin curhat mereka di bawah ini~

  1. Fatih – 17 tahun, tinggi badannya kurang dari 150 cm dan jadi paling pendek di sekolah

  1. Rima – 17 tahun, teman-temannya sering ngatain dia “tengkorak berjalan”

  1. Nila – 19 tahun, sering diejek teman-teman karena mukanya yang jerawatan

  1. Bima – 18 tahun, cowok yang sering diejek karena kulitnya yang gelap

  1. Lisa – 18 tahun, berat badannya hampir 90 kg dan sering jadi bulan-bulanan


Setelah baca curhatan mereka di atas, gimana perasaanmu kalau ada di posisi mereka? Pasti nggak nyaman kan? Makanya kamu nggak boleh memperlakukan temanmu kayak gitu.

Nah kalau misalkan kamu sekarang berada dalam posisi seperti yang mereka alami, kamu jangan sedih. Kamu nggak sendiri kok. Ada banyak orang-orang yang juga mengalami hal yang sama sepertimu dan seperti remaja-remaja di atas.

Biar kamu nggak terlalu larut dalam kesedihan dan bikin nggak nyaman beraktivitas, coba aja kamu ceritakan keluhanmu pada orang-orang terdekatmu. Semisal teman dekat, orangtua, atau guru BP. Kamu juga bisa kok datang ke pusat layanan kesehatan remaja dan berbagi keluh kesahmu. Dengan begitu kamu akan merasa lebih didengarkan dan dihargai. Rasa percaya dirimu akan bangkit kembali. Sekali lagi yang perlu kamu ingat: “Kamu nggak sendiri kok” 🙂

  • 1.7K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA