Punya hobi banyak makan sih sah-sah aja, tapi tetep kamu harus perhatiin apa yang masuk ke tubuhmu karena gimana pun, itu bakal memengaruhi kesehatanmu. Emang susah sih ya nolak renyahnya gorengan, es krim enak ato cemilan penuh lelehan keju yang kekinian itu. Tapi mau gak mau kamu kudu mulai perhatiin apa yang kamu makan ato kamu bakal berisiko kena sakit serius.

Tenang dulu, Dokter Gen Z punya tipsnya biar kamu bisa tetap makan dengan nyaman, tapi nggak sampai ganggu kesehatan.

  1. Jangan lewatkan sarapan

Kebanyakan orang sering ngelewatin sarapan dengan alasan nggak terbiasa atau belum lapar. Padahal sarapan penting banget buat memulai metabolisme dan nyiapin tubuh untuk beraktivitas. Dengan sarapan, kamu bakalan lebih berenergi dan bisa fokus beraktivitas. Justru kalau nggak sarapan, kamu jadi terpicu buat makan banyak di siang harinya lho. Kok bisa? Ya karena ketika kamu melewatkan sarapan, maka sebenarnya kamu membiarkan perutmu kosong terlalu lama (dari semalam kan perutmu nggak diisi makanan). Hingga pada saat makan di siang hari, kebutuhan makan justru lebih banyak, apalagi yang dikonsumsi adalah lemak. Siap-siap badan melar, deh.

  1. Mengurangi makanan berlemak dan berminyak

Beberapa trik yang bisa dilakukan misalnya dengan memilih makanan yang dikukus atau direbus ketimbang yang digoreng. Kamu juga bisa gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kedelai untuk gantiin minyak kelapa sawit. Trik lainnya adalah dengan menghindari bagian kulit pada daging yang lebih banyak lemak jenuhnya, atau mengurangi makanan olahan susu.

  1. Ganti camilan manis dengan sayur dan buah

Tahu nggak sih kamu  kalo konsumsi gula itu yang direkomendasikan maksimal 6 sendok makan per harinya? Bayangkan kalo satu kaleng minuman soda aja udah mengandung tujuh sendok gula. Masalahnya, kebanyakan gula juga bakal mengundang banyak penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2. Mending kamu ganti camilanmu yang manis-manis itu dengan makan buah dan sayuran. Lagipula kan banyak tuh olahan makanan yang berbahan buah dan sayur seperti salad, gado-gado, buah potong atau rujak. Jadi kalau mau ngemil sehat, mending beralih ke buah dan sayuran aja.

  1. Hindari makanan cepat saji dan junk food

Makanan cepat saji seperti burger, pizza, kebab, memang menggoda dan sering dipilih karena proses pengolahannya yang cepat. Tapi belum tentu kandungan nutrisinya itu seimbang, malah banyakan karbo dan tinggi garam. Begitu juga junk food atau minuman kemasan dan bersoda. Makanan dan minuman kayak gitu tuh banyak banget kandungan gulanya. Kalau kedua jenis makanan ini dikonsumsi terus-terusan, bye-bye deh kesehatan!

  1. Perbanyak minum air putih

Kamu yang suka banget minum minuman kemasan, mending kurang-kurangin deh dari sekarang. Selain bisa bikin ginjalmu bermasalah, minuman kemasan ini memicu banyak penyakit khususnya penyakit jantung dan diabetes. Imbangi kebiasaan banyak makanmu dengan minum air putih yang banyak juga. Air putih ini ampuh banget manfaatnya buat kesehatanmu kok, percaya deh.


Banyak makan boleh aja, tapi tetap kudu memenuhi gizi seimbang ya dengan asupan sumber energi, protein dan buah-buahanmu yang tercukupi, dan jangan lupa olahraga pasti kesehatanmu akan lebih terjaga.

  • 1.5K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya