Banyak yang bilang kalau punya pacar baik dan perhatian itu kayak menangin giveaway traveling gratis p saking beruntung dan susahnya. Padahal kalau mau pacar yang cocok sama kamu ada lho triknya. Nggak bisa sembarangan apalagi menganut prinsip “Asal ada yang nembak, ayok aja”. Makanya kamu butuh strategi khusus dalam memilih pacar ini. Karena nggak cuma ujian nasional aja yang butuh kisi-kisi, pakar relationship di Dokter Gen Z kasih panduan biar kamu nggak salah pilih pacar nanti!

 

1. Pilih pasangan yang bisa jadi “teman”

serasa teman via www.pexels.com

Punya pacar yang sekaligus bisa jadi teman itu surga! Soalnya bersama dia kamu nggak hanya nyaman ngobrolin soal cinta-cintaan, tapi tentang segala hal. Bisa soal sekolah, keluarga bahkan kesulitan yang lagi kamu hadapi. Kamu juga nggak bakalan selalu tampil sempurna. Toh dia pacar sekaligus teman ini, segala kekurangan dan kelebihanmu pasti bisa dia terima dengan senang hati.

2. Pilih pasangan yang cocok dengan kepribadianmu

mengimbangimu via www.pexels.com

Sifat seseorang memang berbeda-beda. Sebuah hubungan  menyatukan dua kepribadian yang berbeda dan kalo gak ada kompromi di dalamnya bisa muncul masalah. Nah dalam memilih pacar, pastikan dia bisa melengkapi kepribadianmu biar selama pacaran nanti, hubungan kalian isinya nggak cuma marahan. Tapi kompromi itu juga kudu dua arah alias take and give. Kalau kamu minta dia untuk mengerti kepribadianmu, kamu juga perlu melakukan hal yang sama ya ke dia.

3. Pilih yang paling nyambung sama kamu..

cari yang nyambung via www.123rf.com

Ini nih salah satu poin yang nggak kalah penting. Dalam memilih pacar kamu harus memperhatikan apakah dia nyambung denganmu atau nggak. Perasaan “nyambung” itu sendiri susah dijelasin sih sebenernya, tapi kamu bakal tau kalo pas ngerasainnya. Ini sesuatu yang lebih dari sekedar ketertarikan fisik. Satu cara untuk ngejelasinnya sih misalnya kalo dia ini bisa ngertiin kamu sementara banyak orang lainnya nggak bisa, kesukaan dia juga ngelengkapi kesukaanmu, dan kamu ngerasa nyaman aja bareng sama dia dan ngerasa bebas jadi diri kamu apa adanya. Cara paling pas untuk tau kamu nyambung gak sama dia sih dengan sering ngobrol sama dia. Coba cari tau pemikiran-pemikiran dia dan perasaannya, dan kamu juga bisa share hal yang sama ke dia. Dari beberapa kali obrolan yang berkualitas, kamu bakal bisa tau sendiri, kalian nyambung ga sih.

4. Cari pacar yang penyayang

hindari yang posesif via www.123rf.com

Nanti pulang sekolah kita makan berdua ya. Aku nggak nerima tolakan!

Penting banget untuk bisa ketemu pacar yang menghargai pilihan dan kebebasanmu. Kalo belom-belom kamu udah ngeliat gejala suka ngontrol seperti selalu memutuskan apapun yang akan dilakukan kalian berdua, nyoba ngejauhin kamu dari temen-temenmu atau minta kamu ngubah kesukaanmu, nah mending kamu langsung mundur aja.

Gak seharusnya kamu tersanjung dengan pacar yang posesif. Itu bukan pertanda dia cinta banget sama kamu, sebaliknya justru dia punya masalah soal kontrol dan merasa tidak aman dengan dirinya sendiri alias insecurity. Bukannya merasa nyaman, kamu malah jadi terkekang. Urusan sekolah dan pribadimu sendiri bisa-bisa malah berantakan hanya karena nurutin dia yang posesif ini.

5. Cari pacar yang ekspektasinya cocok sama punyamu..

Cari yang ekspektasinya cocok sama kamu via unsplash.com

Sebelum bilang, “Iya, aku mau jadi pacar kamu” lebih baik kamu kenali  dulu sebetulnya apa ekspektasi dia dari kamu dalam hubungan ini. Apakah dia cari seseorang yang bisa jadi temen sehati, atau seseorang yang akan kasih dia barang-barang ini itu atau sering nraktir, atau siapa tau yang dia cari sebetulnya cuma pasangan untuk hubungan seksual, atau malah dia cari seseorang yang ingin dia ajak nikah nantinya.

Tiap orang punya ekspektasi yang berbeda dalam sebuah hubungan, dan untuk itu penting bagi pasangan yang akan mulai menjalin hubungan untuk tau apa ekspektasi masing-masing dari pasangannya. Hubungan si dia di masa lalu mungkin akan kasih kamu gambaran tapi sebetulnya cara terbaik sih untuk tau hubungan seperti apa yang diharapkannya, ya tanya aja ke dia langsung. Yak kan?

6. Pilih dia yang bikin kamu pengen tambah hebat

bikin semangat sekolah via www.123rf.com

Pacaran itu nggak cuma untuk seneng-seneng, tapi juga untuk menambah semangatmu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Termasuk sekolah dan hal-hal yang berhubungan sama pendidikanmu. Pilihlah dia yang buatmu makin semangat sekolah dan meraih mimpi. Soalnya kalau dia mendukungmu untuk meraih mimpi, cintanya benar-benar dari hati. Buat apa milih dia yang justru sering ngajak kamu bolos sekolah? Katanya cinta, tapi kok malah menghalangi jalanmu untuk meraih masa depan! Siapapun yang saying sama kamu bakal coba cari cara untuk dukung kamu meraih cita-cita, bukan sebaliknya.

 

Tips ini nggak bertujuan untuk pilih kasih sama orang, tapi mengajakmu untuk lebih selektif lagi dalam memilih pacar. Soalnya kalau sampai salah pilih, kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya. Bukannya ada seseorang yang mendukung dan menyemangati, tapi malah buatmu tertekan sendiri. Carilah pacar yang tepat, bukan asal dapet cepet-cepet yaa… Hiii, jangan sampai deh!

  • 3.5K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA