Sebagai remaja, kita berada dalam posisi yang serba gamang. Disebut dewasa belum bisa, tapi diperlakukan seperti anak-anak jelas udah nggak cocok. Kita butuh tempat sendiri dengan privasi yang kita butuhkan, jaminan kerahasiaan dan dokter yang bikin kita nyaman dan ngerasa dihargai. Karena itu remaja butuh diperlakukan khusus, termasuk dalam hal layanan kesehatan.

Seringkali, berkunjung ke dokter anak atau klinik dokter umum rasanya gak pas untuk permasalahan yang kita hadapi. Nah kamu udah tahu belum kalau ternyata sebagai remaja, kita punya tempat layanan kesehatan khusus? Persoalan remaja dalam hal kesehatan itu memang nggak bisa disepelekan. Penanganannya juga beda dengan anak-anak atau bahkan orang dewasa.

Buat kamu yang penasaran apa sih PKPR itu, coba deh baca artikel ini dulu. Kamu bakal tercerahkan kalau PKPR itu sangat membantu remaja. Cek dulu gih artikelnya ~ 

Kamu wajib tahu kalau kita punya yang namanya Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)

Saat masih anak-anak, orangtua berperan banget untuk urusin semuanya termasuk jadwal ketemu dokter, dapet obat dan jagain kesehatan kamu. Nah sekarang udah gedean kamu bisa lebih mandiri untuk ngatur semuanya sendiri sesuai kebutuhanmu.

Makin gede tentunya kebutuhan kesehatanmu juga lebih beragam dibanding pas masa kanak-kanak, misalnya perkembangan seksual, emosi atau masalah berat badan. Penting banget untuk bisa ketemu dengan seseorang terpercaya yang kamu bisa bicara dengan terbuka dan juga punya pengetahuan yang kamu perlukan.

Di PKPR itu ada dokter-dokter terlatih, perawat dan juga bidan yang bisa bantu kamu bila menghadapi masalah kesehatan atau emosi. Kamu bisa bicara sama mereka, bertanya, dan cek hal-hal yang bikin kamu cemas. Itu kerjaan mereka.

“Tapi kan aku malu dan sungkan buat ngobrol dan cerita ke dokter…”

Ya baiknya kamu mulai belajar memberanikan diri dikit-dikit buat cerita ke dokter. Dengan begitu pas ada masalah dikit, dokter di PKPR bisa segera memberi penanganan dengan tepat.

Apa sih bedanya PKPR dan pusat kesehatan umum biasanya?

Yang harus kamu tahu, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) adalah layanan kesehatan yang khusus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan remaja mulai usia 10-18 tahun. Di sini, penanganannya disesuaikan dengan usia dan masalah kesehatannya. Ada banyak banget layanan yang bisa kamu dapatkan di sana. Mulai dari layanan kesehatan seksual dan reproduksi, serta pencegahan kehamilan pada remaja, plus layanan gizi dan konseling.

Nggak cuma itu, masalah pertumbuhan dan perkembangan, vaksinasi, layanan kesehatan mental, serta layanan kecanduan pun ada. Di PKPR juga dilakukan deteksi dini tentang masalah psikososial yang sering dialami remaja. Karena itu kamu nggak perlu ragu lagi buat ke PKPR. Sesekali coba deh datang ke PKPR, biar kamu makin memahami dirimu sendiri.

Kamu juga bisa lho curhat bareng dokter dan psikolog di PKPR

 

Beban jadi remaja itu berat. Karena itu kamu butuh tempat buat curhat. Meluapkan semua keluh dari dalam pikiran biar nggak pusing sendirian. Makanya, di PKPR tersedia sesi curhat yang sifatnya privat. Di sana, kamu bebas mencurahkan segala uneg-unegmu tanpa khawatir bakal di-judge sama orang lain. Nggak cuma itu, ada juga sesi motivasi bersama dokter dan psikolog yang akan membantumu menyelesaikan masalahmu.

Masalah apa aja yang bisa kamu curhatin ke PKPR?

Banyak dong. Mulai dari masalah yang sedang kamu alami bareng pacar. Semisal kamu diselingkuhi atau ternyata pacarmu melakukan kekerasan, kamu bisa banget curhat ke PKPR karena di sana kamu bakal diarahkan untuk mencari solusi masalahmu. Pun demikian dengan masalah pribadi lainnya seperti masalah beban dan tuntutan dari orang tua hingga masalah kesehatan yang kamu sendiri masih ragu atau takut buat cerita-cerita ke orang lainnya. Bahkan kamu juga bisa curhat dan tanya-tanya seputar pola diet yang tepat buatmu, lho. Asik, kan?

Bikin janjiannya juga gampang, kamu gak perlu ijin orang tua. Tinggal telepon untuk bikin janji, dan pas datang kamu bakal disambut dengan ramah oleh staf yang akan menjelaskan apa yang kamu perlu tau ataupun jawab pertanyaanmu.

 

Jadi, jangan ragu buat datang dan coba mampir ke PKPR terdekat. Eh tapi di mana sih PKPR terdekat di sekitarmu? Tenang, kamu bisa kok klik tautan ini buat tahu mana PKPR yang ada di dekatmu.

 

 

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA

  • 2.6K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya