Ibu: “Kamu mau jadi apa setelah lulus nanti?”

Farel: “Aku pengen jadi koki di hotel-hotel mewah, Bu!”

Ibu: “Lho, kan kamu cowok, masa jadi koki?!”

 

Mau jadi apa nanti kalo udah gede? Pertanyaan soal cita-cita tentunya udah sering banget kamu dengar sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Kenapa? Ya karena punya cita-cita itu penting. Dengan memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas, hidupmu nantinya akan lebih terarah dan bermakna.

Kadang kita agak takut untuk menjawab pertanyaan soal cita-cita itu dengan sejujurnya. Karena mungkin cita-cita impian kita tak sejalan dengan harapan keluarga atau orang-orang di sekitar kita, misalnya soal cita-cita yang kayaknya beda dengan tipikal kerjaan sesuai gender kita. Stereotype yang mengkotak-kotakkan pekerjaan laki-laki dan pekerjaan perempuan seharusnya tidak menjadi penghambat bagi kita untuk mengembangkan bakal kita dengan sebaik-baiknya.

Padahal, cita-cita dan profesi itu nggak mengenal batasan kelamin dan gender. Jadi perempuan atau laki-laki harusnya tidak membatasi cita-cita dan mimpi yang ingin diraih. Coba deh tengok beberapa tokoh di bawah. Mereka adalah bukti bahwa semua orang bisa menjadi apapun!

 

 

Juna Rorimpandey – Koki profesional

 

Chef spesialis makanan Jepang dan Prancis ini awalnya nggak punya minat di dunia masak-memasak lho. Sebelumnya Juna sempat mengikuti sekolah penerbangan di Amerika. Namun karena keluarganya nggak sanggup membiayainya, Juna pun berusaha mencukupi kebutuhan hidupnya dengan menjadi pelayan di restoran Jepang. Kegigihannya dalam bekerja menjadikannya sebagai Head Chef di Restoran Jepang tersebut untuk kali pertamanya.

Ia pun nggak pernah merasa malu, justru bangga dengan pencapaian yang sudah dibuatnya dengan susah payah itu. Lihat deh Chef Juna sekarang, udah jadi koki terkenal ‘kan?

 

Susi Pudjiastuti – Menteri Kelautan dan Perikanan RI

 

Bu Susi memulai usaha dengan mendirikan bisnis di bidang perikanan dan berkat kegigihannya, usaha bu Susi pun jadi cepat berkembang. Untuk mendukung bisnisnya yang sudah go internasional itu, bu Susi kemudian membeli sebuah pesawat yang ia gunakan (bahkan dikendarai sendiri!) untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

Berkat dedikasinya dalam menjalankan bisnis di bidang perikanan dan penerbangan, Susi pun dipilih dan diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI oleh Presiden Jokowi. Hingga kini, Susi Pudjiastuti konsisten menjalankan tugasnya sebagai seorang aparatur negara. Bahkan ia juga dijuluki Menteri Perikanan paling progresif oleh Google dan mendapat pengakuan sebagai Menteri Perikanan paling tangguh oleh Menteri Perikanan Norwegia! Salut!

 

 

Barry Ritonga – MUA

 

Barry Ritonga termasuk salah satu cowok berparas tampan yang nggak segan-segan menggeluti minatnya sebagai tukang rias alias MUA. Awalnya, Barry mengambil job sebagai aktor untuk biayain kuliahnya. Setelah lulus, Barry nggak nerusin profesi aktornya dan memilih bekerja sebagai pramugara. Di kerjaannya ini, Barry suka merhatiin pramugari-pramugari yang lagi dandan, terus iseng-iseng benerin riasan mereka. Di sinilah awal mula ketertarikannya di dunia per-makeup-an. Ia pun mulai menawarkan jasanya untuk mendandani teman-teman pramugarinya. Makin lama ia makin senang dan nyaman mendandani orang lain.

 

Setelah jalan 2 tahun jadi pramugara, akhirnya Barry memberanikan diri untuk resign dan menekuni minatnya hingga sukses menjadi MUA langganan selebritas. Dengan kemaskulinannya yang bisa bikin gagal fokus cewek-cewek, Barry nggak malu tuh punya profesi jadi MUA.

 

 

Catherine Hindra Sutjahyo – Pendiri Zalora & CEO Alfacart.com

 

Kini profesi di bidang teknologi tak lagi terbatas buat cowok. Cewek bernama lengkap Catherine Hindra Sutjahyo berhasil mematahkan anggapan tersebut dengan mendirikan toko online Zalora bersama rekannya pada tahun 2012 silam. Berbekal keahlian analisisnya yang tajam, serta keyakinannya akan kelancaran bisnis e-commerce, Catherine berhasil mendongkrak popularitas Zalora dengan 100 ribu penyuka di Facebook hanya dalam waktu enam bulan saja.

 

Usai kiprahnya menjadi orang nomor satu di bidang teknologi e-commerce Zalora Indonesia, kini Catherine dipercaya menjadi CEO Alfaonline yang kini bertransformasi menjadi Alfacart.com, toko waralaba online Alfacart. Nggak ada salahnya kan, cewek jadi pimpinan di perusahaan?

 

Punya cita-cita dan tahu tujuan hidup itu bukan hanya memaksimalkan potensi yang kamu punya untuk masa depan, tapi juga bikin perkembangan otak kamu jadi lebih baik. Jika kamu punya cita-cita dan selalu berusaha untuk mewujudkan impianmu itu, maka hal ini akan menghindarkan kamu dari perilaku yang merugikanmu dan masa depanmu. Dan perlu diingat bahwa nggak ada profesi yang maskulin atau profesi yang feminin, karena setiap orang punya potensi masing-masing yang nggak terbatas oleh jenis kelamin.

 

Tetaplah jadi dirimu sendiri dan jangan takut untuk bercita-cita, ya!

  • 772
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA