Minggu lalu, Lila pergi ke kolam renang bersama sahabatnya Nisa dan Febi. Begitu sampai di sana, Nisa dan Febi malah melarang Lila ikut berenang begitu tahu kalau ternyata Lila sedang mens.

“Ih, kalo renang pas mens itu bisa bikin mandul lho,” kata Nisa

“Iya, nanti kamu pas renang bisa keluar darah juga, malu-maluin nanti! Kamu jangan ikut renang deh, ya,” imbuh Febi

Mendengar kalimat dari teman-temannya itu bikin Lila jadi sebal dan langsung beranjak pulang. Sesampainya di rumah, Lila jadi kepikiran,“Apa iya cewek yang lagi mens nggak boleh berenang?”

Emang sih, ada banyak mitos dan larangan yang dipercaya sama banyak orang tentang menstruasi yang justru menyesatkan. Kamu yang baru awal-awal mengalami mens jadi ikut-ikutan percaya deh. Daripada bingung mending kamu baca dulu nih penjelasannya biar bisa bedain mana yang mitos dan mana yang fakta.

Keramas pas mens gak masalah..

 

 

Keramas dan menstruasi itu sama sekali gak ada hubungannya. Jadi yang bilang lagi mens gak boleh keramas itu salah banget. Keramas itu bagian dari menjaga kebersihan tubuh, kalau rambutmu bersih dan wangi, tentu kamu akan lebih nyaman, kan? Meskipun saat mens, memang kamu mesti lebih rajin merawat diri kayak membersihkan vagina, mandi teratur, juga rutin ganti pembalut dan celana dalam,  dan minimal ganti pembalut 3 – 6 kali per hari, tapi ini gak ada hubungannya sama gak boleh keramas ya. Jangan lupa pastikan menggunakan air bersih saat mandi, buang air kecil dan buang air besar.

 

Minuman dingin gak menghambat kelancaran mens mu lho..

 

 

Yang bikin mens nggak lancar itu bukannya dari minuman dingin, tapi dari kondisi fisik kayak stres, kelelahan, atau gangguan kesehatan lainnya. Nah, biar mensmu lebih lancar dan menghindari anemia, ada baiknya kamu makan makanan yang mengandung zat besi kayak daging merah atau hati ayam.. habis itu ditambah sama buah-buahan yang tinggi vitamin C kayak jeruk, pepaya, jambu merah dan tomat, dan kalo yang suka minum minuman herbal jamu kunyit asem itu ampuh untuk ngurangin kram perut pas mens.

Tapi kamu gak perlu khawatir kalau darah mens mu sedikit, karena tiap orang beda-beda. Bahkan yang waktu mens nya cuma 2-3 hari aja masih dianggap normal kok. Kecuali kalo misalnya kamu telat mens nya atau Menemukan bercak-bercak ringan dan kamu ada kemungkinan hamil sebaiknya segera lakukan tes kehamilan. Selain itu akan sangat berguna bila kamu rajin mencatat saat-saat mens mu yang sedikit itu dan bila perlu konsultasikan ke dokter.

 

Soda gak bikin mens mu lebih lancar!

 

Kata orang kalau pengen mensnya lancar, minum soda aja. Padahal ini nggak ada pengaruhnya lo. Malahan jangan keseringan minum soda karena selain nggak sehat dan kebanyakan gula yang gak baik buat kesehatanmu. Mending banyakin minum air putih aja deh supaya kamu gak kekurangan cairan!

 

Berenang pas lagi mens boleh kok..

 

Sebenarnya nggak masalah untuk berenang pas lagi mens, pastikan saja kamu pakai baju renang yang nyaman. Oh iya, biar lebih aman baiknya kamu baru berenang saat darah mensmu nggak deras-deras banget keluarnya, juga hindari berenang kalau perutmu lagi kram.

Mens nggak akan menghalangi kamu untuk beraktivitas kok. Bahkan olahraga kayak jalan kaki, jogging, senam, yoga, atau workout sederhana di rumah juga bisa kamu lakukan. Justru olahraga ringan kayak gini akan memperlancar peredaran darah dan mengurangi nyeri saat mens. Dicoba ya ~

 

Menstruasi itu siklus normal bagi para cewek, kamu pun bakal mengalaminya tiap bulan. Makanya, penting sekali untuk memperhatikan apa yang kamu alami selama mens, seperti tanggal mulai dan selesainya, juga seberapa banyak darah mens yang kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu akan tahu kalau ada perbedaan dari biasanya dan perlu berkonsultasi ke dokter. Juga tak kalah penting untuk mengerti hal-hal seputar menstruasi sehingga pada saatnya tiba kamu gak keliru mengikuti informasi atau larangan yang gak bener.

Jangan langsung percaya dengan apa yang dibilang orang, kalau kamu bingung, mending tanyakan ke orangtua atau layanan kesehatan remaja, demi kesehatanmu juga kan?

  • 2.4K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA