Kita memang mudah banget terpengaruh oleh sekitar.  Kalau teman-temanmu suka nonton K-Pop, kamu lama-lama pasti juga tertarik buat ikut nonton K-Pop. Pun kalau teman-teman dekatmu suka jalan-jalan, kamu pasti juga tertarik buat ikutan traveling. Bener, nggak?

Kalau berteman dengan orang-orang yang positif, kita akan terinspirasi untuk tumbuh dengan positif. Sayangnya, hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Bergaul di lingkungan yang negatif juga bisa bikin kita tumbuh dengan negatif.

Satu cara untuk melindungi perkembanganmu dari pengaruh negatif adalah pentingnya punya konsep diri yang kuat. Konsep diri itu cara pandangmu terhadap diri sendiri dan bagaimana hubunganmu dengan dunia di sekeliling. Baik fisik, karakter juga cara memotivasi diri. Dengan mengenal konsep diri maka kamu akan bisa nentuin siapa, apa yang bakal dilakuin dan mau jadi apa kamu di masa depan. Artinya, kamu akan bertindak dan memilih sesuai dengan apa yang kamu yakini benar, bukan karena disetir oleh orang lain. Coba cara-cara di bawah ini siapa tau cocok buat kamu..

1. Pikirkan yang positif, singkirkan yang negatif-negatif

Cari yang positif aja

Mulailah dengan memiliki badan yang sehat, rajin berolahraga dan menjaga asupan gizi, akan bikin kamu lebih pede dan memandang dirimu dengan positif.  Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain dan percaya bahwa setiap orang itu unik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.,

2. Self-compassion alias menyayangi dan berbaik hati kepada diri sendiri

sayangi diri sendiri

Ambisius boleh tapi bukan berarti kamu jadi sering nyalahin dirimu sendiri kalau apa yang kamu inginkan tak tercapai. Menghargai diri sendiri untuk upaya yang sudah dilakukan terlepas apapun hasilnya itu penting. Kalau kamu melakukan kesalahan kamu nggak sendirian karena semua orang pernah melakukan kesalahan. Berbaikhatilah pada dirimu sendiri, seperti kamu juga berbaik hati pada sahabat dan orang-orang terdekatmu ya.

3. Berani minta bantuan untuk menyelesaikan masalah

Cara bantuan kalau butuh

Kemampuan menyelesaikan masalah ini bisa dilatih kok. Nggak perlu memaksakan diri kamu harus bisa semuanya sendiri. Mintalah bantuan kalau kamu merasa ragu menyelesaikan masalahmu. Meminta bantuan itu juga bagian dari latihan untuk menyelesaikan masalahmu kok. Ingatlah untuk jangan patah semangat bila gagal, karena kita bisa belajar dari kegagalan itu juga.

4. Punya kemampuan introspeksi dan jadi yang paling tahu tentang dirimu

introspeksi diri

Ketika kamu sadar bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, maka kamu pun akan mengamati dan menilai diri sendiri dengan cara yang berbeda. Di situ kamu akan nemu apa kelebihan dan yang kurang di dirimu tanpa harus menanyakan pendapat orang lain. Kamu percaya bahwa kamu sendirilah yang paling tahu kemampuan yang ada dalam dirimu sendiri. Ketika kamu nemu apa kelebihanmu, itulah yang akan kamu jadikan sebagai aset masa depan.

Mulai sekarang, kamu perlu membekali diri dengan pandangan yang benar tentang konsep diri. Milikilah konsep diri yang positif, yang memandang dan menghargai diri sendiri dengan segala kurang dan lebihnya dengan baik. Dan tentunya jangan lupa untuk mengelilingi dirimu dengan teman-teman yang positif juga biar masa depan yang cemerlang pun bukan cuma mimpi semata. Semangat, ya!

  • 3.5K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA