Hidup emang gak pernah tanpa masalah, apalagi kita yang lagi ngalamin masa peralihan. Mulai dari masalah perubahan tubuh, perubahan sosial sampai perubahan di lingkungan keluarga bikin kita jadi gampang stres dan gelisah. Karena itu kita butuh stress relief, dan cara terbaik adalah dengan curhat. Seperti curhat sama teman, sahabat atau bahkan ke orangtua. Senyamannya kamu mau cerita ke siapa. Nah, biar kamu nggak malu-malu lagi untuk curhat saat lagi ada masalah, nih Dokter Gen Z kasih hal-hal yang bantu menguatkanmu!

Dengan bercerita, bebanmu jadi lebih ringan

Seringkali kita ngerasa hidup itu nggak mudah dan banyak tekanan. Kita memiliki banyak kewajiban dari urusan sehari-hari, sampe  tuntutan prestasi di sekolah plus tugas-tugas lainnya. Beraaaat…. Apalagi kalau bebannya datang dalam waktu yang bersamaan. Duh, rasanya ingin marah dan menyerah. Nah, di sinilah peran curhat sama seseorang akan bekerja. Dengan bercerita, bebanmu akan terasa lebih ringan. Ibarat tumpukan buku yang ada di dalam tasmu, kini ada seseorang yang bantu membawakannya. Kamu pun nggak kesusahan berjalan jadinya.

Paling tidak kamu jadi merasa nggak sendirian

Saat lagi galau-galaunya, kadang kamu jadi merasa sendiri. Makanya sering banget kalimat, “Apa cuman aku yang kayak gini?” muncul dalam kepalamu ini. Nah dengan curhat sama seseorang, kamu jadi nggak akan merasa sendiri lagi. Soalnya bakal ada teman yang mendengarkan keluh kesahmu. Pun ada tangan yang siap sedia mengusap punggungmu. Bukankah ini lebih baik daripada kamu terus memendam bebanmu?

Bisa jadi malah orang tempatmu curhat bisa ngasih solusi

Nggak cuman itu, dengan curhat sama seseorang kamu juga bisa menemukan solusi atas beban yang selama ini kamu rasakan. Siapa tahu dia yang kamu ajak cerita pernah mengalami hal yang sama. Lalu menyarankan sesuatu berdasarkan pengalamannya. Toh nggak ada salahnya kan mendengar solusi dari teman sendiri? Bisa jadi malah solusi yang dia kasih berhasil dan bebanmu jadi bisa terkurangi.

Kamu bisa melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda

Meski nggak mudah dilakukan, tapi dengan mulai curhat ke seseorang, kamu jadi bisa melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Kamu yang awalnya cuma mengeluh sama diri sendiri, jadi gak bisa mikir cara lain untuk ngatasi masalah ini dan solusinya. Seseorang dengan pengalaman berbede dan cara berpikir yang berbeda mungkin bisa bantu kamu mengatasi tantangan ini dengan pencerahan baru. Mereka bisa bantu kamu melihat hal positif ketika kamu gak pernah kepikiran bahwa kamu bisa.

Memendam masalah cuma buatmu semakin kepikiran, konsentrasimu jadi sering buyar

Semakin dipendam, masalah yang sedang kamu alami ini malah bisa buatmu semakin kepikiran. Kamu jadi sering melamun di dalam kelas. Konsentrasimu mengikuti pelajaran pun jadi buyar. Nggak hanya sering ditegur guru, tapi akhirnya juga berdampak pada prestasimu.  Belajar untuk curhat itu penting biar pikiranmu biar tetap waras dan nggak jadi kebiasaan menumpuk beban sendirian.

 

Setiap orang pasti punya masalah dan pernah galau karenanya. Pilihan curhat ke seseorang yang dipercaya rasanya wajar-wajar aja. Malah lebih dianjurkan dibanding memendamnya sendirian. Kalau kamu belum bisa curhat banyak tentang masalah yang kamu hadapi, ya nggak apa-apa. Ceritakan saja seperlunya, sekuatmu berbagi dengan mereka. Toh memulai kebiasaan ini nggak bisa instan, kan? Yuk belajar biasakan curhat ke seseorang dari sekarang!

Semisal kamu butuh teman curhat yang siap dengerin ceritamu, kamu juga bisa kok kirim pertanyaan dan curhatanmu ke tim Dokter Gen Z .Kita bisa bantu kamu untuk cari bantuan yang kamu butuhin.

 

 

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA

  • 4.5K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya