Menurut survei yang dilakukan oleh Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (KOMNAS perempuan) pada tahun 2020, terdapat sebanyak 299.911 kasus kekerasan seksual di Indonesia. Kekerasan dalam pacaran menempati posisi kedua dengan 1.309 kasus lho, Sobat GenZ. Waduh, ternyata banyak juga ya teman-teman di luar sana yang pernah mengalaminya. 

Beberapa tindakan yang termasuk ke dalam kekerasan seksual, seperti :

  • Pemerkosaan
  • Pemaksaan aborsi 
  • Prostitusi paksa
  • Pelecehan seksual 

Nah Sobat GenZ, jika kamu pernah mengalami kekerasan seksual dan bingung harus bagaimana, Dokter GenZ akan berikan langkah-langkah untuk membantu kamu setelah mengalami kekerasan seksual. Disimak baik-baik ya!

1. Pastikan keamanan dirimu

Membangun rasa aman dapat dilakukan dengan mengajak teman terdekat atau keluarga untuk tinggal bersamamu sampai kondisimu membaik. Hal ini penting supaya kamu tidak merasa kesepian dan tidak melakukan tindakan yang merugikan diri seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau mengkonsumsi alkohol.

2. Mencari bantuan secara medis

Jangan ragu untuk pergi ke layanan kesehatan atau meminta bantuan kepada psikolog. Hal ini merupakan langkah awal untuk memenuhi kebutuhan emosional, fisik dan psikologismu setelah menerima kekerasan seksual. 

3. Mempertimbangkan jalur hukum

Mengambil tindakan secara hukum akan membantu kamu mendapatkan keadilan dari kasus  kekerasan seksual yang menimpa dirimu. Meskipun sayangnya masih banyak kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelaku dari orang-orang terdekat membuat korban enggan melaporkannya dan memilih untuk “menerima” saja tanpa diproses lebih lanjut. Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa meminta bantuan pada lembaga bantuan hukum yang ada di wilayahmu.

4. Melakukan perawatan diri berkala

Menyayangi diri sendiri merupakan cara untuk memulihkan diri dari rasa trauma atau emosi negatif lainnya dalam jangka panjang. Kamu bisa melakukan perawatan diri seperti : 

  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri
  • Mencoba relaksasi seperti yoga atau meditasi
  • Melakukan olahraga secara rutin 

Hal-hal di atas harapannya bisa membuat kondisi fisik dan mentalmu lebih baik sehingga kamu bisa menghadapi kejadian dengan lebih positif.

5. Membuka diri kembali dengan lingkungan 

Kekerasan seksual yang kamu alami bisa saja membuat dirimu trauma sehingga menutup diri dari lingkungan sekitar. Setelah menjalani perawatan diri secara berkala untuk memulihkan dari rasa trauma, cobalah membuka diri kembali dengan lingkungan seperti mengikuti aktivitas sosial atau bergabung dengan komunitas. Ambil tindakan tersebut secara perlahan-lahan dan jangan memaksakan dirimu jika belum siap. 

 

Itulah yang bisa kamu lakukan jika mengalami kekerasan seksual. Memendam masalah itu nggak baik lho buat kesehatan mentalmu. Lebih baik untuk meminta bantuan kepada seseorang yang kamu percayai atau kepada tenaga profesional. Semoga harimu membaik, semangat!

 

Referensi:

  • 70
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya