Hei boys Sobat GenZ, kalian sadar nggak sih ternyata di antara ribuan bagian tubuhmu ada salah satu aset berharga yang kamu miliki dan ini sangat menentukan generasi selanjutnya. Nah, bagian itu adalah sperma! Meskipun kecil banget bahkan tidak bisa terlihat oleh mata telanjang, sperma yang kamu miliki adalah aset berharga yang harus tetap dijaga kesehatannya.

Memang betul menjaga kesuburan sperma itu tidak semudah menanam tauge. Eh, memangnya apa hubungannya sperma sama tauge? Kalau pengen tahu, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Kenalan dulu sama sperma 

Sperma kita terdiri dari air mani dan sel sperma. Air mani yang keluar saat ejakulasi berwarna putih yang memiliki tekstur kental, lengket, dan berbau khas. Sementara sel sperma terdiri dari kepala, badan dan ekor dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop karena ukurannya sangat kecil. 

Lebih tahu tentang sperma | Photo by guloabang via www.freepik.com

Musuh kesuburan sperma yang harus kamu hindari

Untuk menjaga kualitas sperma, maka kamu harus menjaga kesuburannya. Nah, Dokter GenZ udah rangkum nih beberapa musuh jahat bagi sperma. Check this out!

1. Celana sempit

Selain mempersulit pergerakan langkah kakimu, ternyata menggunakan celana yang sempit juga menjadi salah satu musuh kesuburan bagi sperma lho Sobat GenZ. Hal ini disebabkan terjadinya tekanan berlebih di sekitar alat reproduksi yang dapat membuat suhu testis menjadi lebih panas dan rentan mengalami terpelintir.

2. Suhu panas 

Walaupun testis tidak secara langsung bertemu dengan sinar matahari, namun penggunaan laptop di pangkuan paha, handphone di saku celana, dan mandi air panas dapat meningkatkan suhu testis diatas 36-37 derajat celcius sehingga menjadi musuh kesuburan bagi sperma. Sementara suhu yang sesuai untuk testis diantara 33-34 derajat celcius.

3. Kandungan rokok

Jika kamu tidak merokok, bagus! Pertahankan. Pasalnya, kandungan kimia pada rokok dapat meningkatkan resiko kerusakan DNA sperma, seperti pergerakan sperma menjadi lambat dan bentuk sperma yang tidak normal.

4. Malas olahraga 

Dengan rutin berolahraga seperti jogging, push up, dan jalan santai dapat meningkatkan kadar testosteron dalam menghasilkan spermamu lho Sobat GenZ. Aktivitas fisik secara rutin dapat membantu meningkatkan kesuburan sperma.

5. Burn out 

Tidak hanya burn out pada pekerjaan, terkadang stres pada masalah yang sedang kamu hadapi juga dapat mempengaruhi kualitas sperma lho. Hal ini berkaitan dengan penurunan hormon testosteron yang berperan dalam memproduksi sperma.

Perbanyak konsumsi makanan yang sehat ya! Photo by sahand babali via www.unsplash.com

Teman kesuburan sperma yang cocok

Untuk meningkatkan kesuburan sperma, kamu dapat mengkonsumsi tauge, telur, tomat,  dan jenis buah yang mengandung vitamin C salah satunya jeruk. Jangan lupa beraktivitas tubuh secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh, khususnya untuk kesehatan sperma kamu.

 

Nah, Sobat GenZ sekarang sudah tahu kan mana saja nih yang bisa menjadi musuh kesuburan sperma. So, yuk kita sama-sama menjaga kesehatan sperma sebagai bagian dari menjaga kesehatan reproduksi kita. Salam sehat!

 

Referensi:

  • 68
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya