Mau berapapun umurnya, berhubungan seks pertama kali memang rasanya deg-degan. Apalagi kalau melakukan dengan orang tersayang. Rasanya jadi makin dag-dig-dug!  Udah gitu ada juga gosip-gosip yang bilang kalau konon katanya berhubungan seksual pertama kali itu rasanya pasti sakit. Kan jadi makin deg-degan.

Yang harusnya jadi pengalaman menyenangkan tapi kok malah jadi bikin takut dan deg-degan. Eh tapi sebenarnya beneran beneran sakit nggak sih pas hubungan seksual pertama kali? Apa jangan-jangan itu cuma mitos doang. Yuk baca dulu artikelnya~

Nggak melulu sakit, tapi memang kadang rasanya sedikit nggak nyaman

Banyak mitos beredar bahwa berhubungan seksual pertama kali itu pasti sakit. Logikanya simpel. Buat cewek, karena saat berhubungan seksual pertama kali selaput daranya robek, otomatis pasti sakit. Padahal faktanya nggak selalu seperti itu. Nggak semua cewek juga merasa sakit saat berhubungan seksual pertama kali. Sama kayak fakta bahwa nggak semua selaput dara robek atau mengeluarkan darah waktu berhubungan seksual pertama kali. Ada yang merasa nyeri atau nggak nyaman, ada juga yang nggak merasa nyeri sama sekali. Tiap orang mengalaminya dengan berbeda-beda.

Bahkan kalau menjalaninya dengan nyaman, hubungan seksual pertama kali juga bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. 

Tapi nggak nyaman dan ngerasa sakit banget itu dua hal yang berbeda lho

Ngerasa nggak nyaman pas berhubungan seksual pertama memang wajar karena saat berhubungan seksual ada gesekan. Tapi bukan berarti akan terasa sakit yang kebangetan gitu ya. Kalau sampai terasa perih, nggak nyaman dan sakit banget, bisa jadi penyebabnya adalah karena kurangnya pelumas pada vagina saat terjadinya penetrasi. 

Kemungkinan kedua ya karena adanya kondisi yang namanya “vaginismus”. Apa itu? Vaginismus adalah kondisi di mana otot vagina mengencang sehingga sulit untuk dipenetrasi. Akibatnya saat berhubungan seksual jadi terasa nggak nyaman dan cenderung sakit. Oh iya, vaginismus ini nggak bisa diatur ya. Tiba-tiba aja gitu muncul sendiri. Kondisi ini sangat berkaitan sama kondisi mental kita. Kalau sebelum berhubungan banyak ketakutan kayak takut sakit atau takut hamil yang menyelimuti, vaginismus bisa saja terjadi. Nah kalau sampai ini terjadi, sebaiknya segera hubungi dokter untuk konsultasi, ya.

Hal lain yang bisa jadi penyebab rasa sakit saat berhubungan seksual pertama kali adalah karena penggunaan kondom atau produk lain yang bikin kamu iritasi. Ada lho kasus orang alergi dengan penggunaan kondom. Biasanya alergi muncul pada jenis kondom lateks. Hal tersebut karena sensitivitas kulit terlalu tinggi terhadap kondom lateks yang terbuat dari cairan pohon karet.  Gejalanya bisa muncul ruam, gatal, sensasi terbakar, sampai melepuh. 

Nah terus gimana dong biar nggak sakit pas berhubungan pertama kali?

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa sakit saat pertama kali berhubungan seksual adalah dengan menjadi serileks mungkin sebelum melakukannya. Caranya gimana? Ya dengan ngobrol dan cari tahu soal pasangan terlebih dahulu. Mulai dari apa yang dia suka, ekspektasinya sampai ketakutannya apa. Nggak kalah penting juga untuk meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memilih berhubungan seksual. Pastikan kita benar-benar mau karena keinginan sendiri, bukan karena paksaan, tekanan, atau ancaman dari orang lain. Dengan begitu hubungan seksual akan jadi lebih nyaman dan meminimalisir rasa sakit. 

Selain itu bisa juga dengan melakukan foreplay terlebih dahulu jadi nggak terburu-buru. Foreplay akan meningkatkan produksi cairan pelumas pada vagina sehingga pas penetrasi nggak terasa sakit. Bisa juga dengan menggunakan produk pelumas buatan kok biar nggak sakit pas penetrasi.

Kalau ternyata sakitnya karena alergi kondom lateks, opsi yang bisa dilakukan ada dua. Yaitu dengan mencoba pakai kondom jenis lain atau nggak pakai kondom sama sekali. Cuma kan kalau nggak pakai kondom jelas ada risikonya, ya. Kita udah pernah bahas penyakit yang mungkin mengintai kalau nggak pakai kondom di sini. Nah kalau mau cari opsi kondom lain, ada jenis poliuretan yang bisa dicoba. 

 

Setelah baca penjelasan di atas, kita jadi paham kalau sebenarnya hubungan seksual pertama itu nggak melulu sakit. Intinya adalah mencoba untuk jadi senyaman mungkin!

  • 237
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya