Sebagai salah satu cara untuk membersihkan badan, mandi memang rutin kita lakukan. Sayangnya, beberapa bagian tubuh kerap luput dibersihkan. Walaupun kamu udah mandi dan ngerasa bersih, tapi kalau kamu nggak memberikan perhatian sama beberapa bagian ini ya sama aja bohong lho.

Kalau dibiarkan kotor, bagian tersebut bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Nah mulai sekarang, yuk bersihkan bagian tubuh ini:

Pusar

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen Biologi Universitas North Carolina dan Nature Research Center di North Carolina Museum of Natural Science, pusar diibaratkan kayak hutan yang menampung 2.368 spesies bakteri lho. Bahkan 1.468 di antaranya merupakan bakteri yang baru ditemukan di dunia penelitian. Hii… Serem nggak tuh? Nah, masih mau males-malesan membersihkannya?

Punggung

Siapa disini yang mandinya sering mandi bebek a.k.a ngebut banget kaya dikejar deadline? Pasti bagian yang satu ini nggak terjangkau, secara buat menjangkaunya agak pakai usaha. Tapi sebenarnya sadar nggak sih kamu, kalo punggung bagian belakang kan paling sering terkena debu selama kita beraktivitas. Mulai sekarang luangkan waktu untuk membersihkannya ya.

Bagian bawah kuku

Bagi beberapa orang, makan tuh nikmatnya ada di tangan. Jadi belum sreg kalau makannya masih pakai sendok dan garpu. Tapi… bagian ini pasti sering nggak kamu bersihkan waktu mandi karena letaknya terpencil. Yang sering ada di benakmu pasti, yang penting tangan udah kena sabun, udah bersih. Padahal masih ada ribuan kuman di bawah kuku~

Di balik telinga

Sebenarnya bagi orang beragama Islam, dalam sehari udah membersihkan daun telinga 5 kali. Namun seringkali kita hanya dibagian daun telinga aja, sedangkan di bagian belakangnya nggak dibersihkan. Padahal di telinga bagian belakang juga banyak kotoran yang sembunyi.

Lidah

Lidah termasuk bagian tubuh yang paling sering berinteraksi dengan hal-hal eksternal kayak dari makanan yang masuk ke mulut. Tapi, lidah juga jadi bagian yang sering luput dibersihkan. Hayo akuin aja, kita lebih peduli sama gigi, daripada lidah. Padahal lidah yang luput dibersihkan ini adalah biangnya bau mulut. Yuk, mulai sekarang jadi rajin bersihin lidah biar nggak malu-maluin karena bau mulut~

 

Buat yang lagi senyum-senyum sendiri karena ngerasa gue banget bisa langsung buru-buru ke kamar mandi dan selesaikan tugasmu yang sudah tertunda lama ya. Bersihkan bagian-bagian yang sering luput gosokan sabun ini. Lebih baik terlambat dibanding tidak sama sekali ‘kan? Lain kali walaupun lagi buru-buru, tetap aja bagian ini nggak boleh luput dari gosokanmu ya~

  • 99
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya