Karena merasa nggak enakan kalau harus menyakiti perasaan orang, pada akhirnya kamu jadi orang yang susah mengutarakan isi hatimu. Ketakutan itu bisa membuatmu jadi orang yang hobi memendam perasaannya. Mau itu ketika ada orang yang menyinggungmu, memujimu, bikin kamu marah, atau bikin kamu bahagia; buatmu cuma ada satu pilihan yaitu memendam perasaanmu sebenarnya.

Padahal, sama seperti balon yang terus diisi udara, emosimu pun juga bisa meledak kalau terus-terusan dipendam. Karenanya, kita perlu untuk belajar sedikit demi sedikit meluapkan emosi. Kalau tidak, hal-hal berbahaya ini bisa terjadi sama kamu lho…

Selalu merasa lelah tanpa sebab

Kalau kamu pernah merasa lelah tanpa sebab di siang hari sehingga kamu jadi nggak bisa berkonsentrasi tapi bingung alasannya kenapa, bisa jadi alasannya adalah karena kamu terlalu lama memendam emosimu. Emosi yang terlalu lama dipendam akan menumpuk sehingga jadi beban yang menyebabkan kelelahan mental dan fisik. Karena itu jangan ragu buat meluapkan emosimu dengan cara yang benar, ya~

Meningkatkan risiko penyakit

Faktanya, terlalu sering dan terlalu lama memendam emosi bisa mendekatkanmu pada risiko penyakit. Bahkan, Journal of Psychosomatic Research mengatakan bahwa memendam emosi dapat meningkatkan risiko kematian karena penyakit jantung dan kanker lho. Kamu tentu nggak mau kan hal ini terjadi sama kamu~

Susah tidur

Ketika kamu memendam emosi terlalu lama, pikiranmu jadi nggak karuan dan kamu pun jadi gampang gelisah. Akibatnya, kamu jadi nggak tenang sehingga susah buat tidur. Nah kalau kualitas tidurnya aja kurang baik, tentu badanmu jadi nggak enak. Badan yang kurang istirahat jadi rentan dengan penyakit. Duh, serem juga ya 🙁

Jadi makin emosi dan agresif sama orang

Sama seperti aliran air pada selang yang kamu tahan, emosimu pun juga bisa meledak kalau nggak disalurkan dengan baik. Ada penelitian yang bilang bahwa menahan emosi dan enggan mengakuinya justru akan membuat emosi tersebut makin kuat. Kalau kamu benci sama orang dan kamu memilih memendamnya, semakin lama emosi itu akan menumpuk dan akhirnya akan membuatmu jadi lebih agresif sama dia. Ya daripada masalahmu makin nambah, kan mending emosinya diluapkan aja~

 

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih banyak banget efek negatif lain dari memendam emosi. Makanya kamu jangan sampai memilih untuk memendam emosimu lama-lama. Daripada dipendam, lebih baik disalurkan. Ada banyak cara kok untuk menyalurkan emosi dengan baik. Simak deh artikel kami soal cara asik meluapkan emosi nanti ya~ Hehe

  • 39
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya