Pernah nggak sih kamu ngalamin momen nggak nyambung sama orangtua karena perbedaan sudut pandang? Gimana enggak — ayah dan ibumu lahir di tahun 60an dan 70an, sedangkan kamu tahun 90an atau bahkan 2000an. Berpuluh-puluh tahun perbedaan itu membuat kamu dan orangtuamu tumbuh di era yang jauh berbeda. Ayah dan ibumu dibesarkan dengan situasi yang masih serba manual, jangankan Internet, saluran TV aja hanya satu yang ada, sedangkan kamu nggak bisa hidup tanpa smartphone, Instagram, atau delivery makanan, dll.

Terkadang ini  bikin kamu sebagai anak ngotot dan orangtuamu pun ngotot juga kalau merekalah yang benar. Kejadian kayak gini yang bikin kamu sering ngelus dada. Kalau kamu pernah, pasti kamu nyambung banget sama pengalaman-pengalaman di bawah.

  • Ngapain pakai Goggle Map kalau bisa tanya orang aja~

Ingat pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan”? Nah prinsip itu yang dipegang teguh oleh orangtua zaman dahulu biar nggak nyasar. Padahal nggak semua orang yang ditanya itu tahu tempat yang dituju. Bukan sampai ke tempat tujuan, malah kesasar berjam-jam. Nah, sebagai generasi netizen, menurut kita, hal kaya gini gampang banget dihindari – kan tinggal pake Google Maps, beres deh!! Masalahnya orang tua suka skeptis atau bingung sama Google Maps. Mungkin kam

  • Mending jadi PNS biar karirmu terus-terusan aman sejahtera~

Kalau di zaman orangtua dulu, kebanyakan orang ingin menjadi pegawai negeri alias PNS. Memang sih, meniti karir sebagai PNS bisa menyediakan stabilitas dan fasilitas yang menarik. Tapi dulu juga masih sangat sedikit start up yang ngehits di kalangan anak muda. Coba bandingkan dengan sekarang… di mana-mana orang bekerja di perusahaan start up dan nggak malu akan hal itu. Banyak yang jadiin pekerjaan ini sebagai batu loncatan untuk tujuan yang sebenarnya. Kalau memang di situ letak passion-mu, jelaskan kepada orangtuamu, beserta juga rencana karir kamu untuk passionmu itu, agar mereka juga mengerti dan selalu mendukung apapun pekerjaan yang lagi kamu ambil.

  • Ngapain buang-buang uang ngopi di luar, sini mama buatin kopi, gratis!

Anak gen Z mana sih yang nggak suka nongkrong di coffee shop? Hal ini semacam udah jadi tuntutan gaya hidup di kota besar. Di coffee shop, banyak sekali jenis obrolan yang tercipta. Mulai dari obrolan nostalgia, saling ejek sampe obrolan serius yang kadang bikin pusing. Terkadang, ada juga anak gen Z yang justru kalo di coffee shop lebih fokus dan produktif. Tapi justru orangtua bilang ngopi itu buang-buang uang. Mereka nggak tahu aja dari ngopi itu juga bisa muncul obrolan positif dan kerjaan yang jadi beres. Tapi, jangan lupa harus tetap bijak menggunakan uang dan waktu, ya! Jangan semua uang dan waktumu dihabiskan di coffee shop. Selain itu, mungkin bisa juga sekali-kali ajak orangtuamu nongkrong di coffee shop, supaya mereka juga bisa rasain asiknya!

  • Katanya kerja, tapi kok pake kaos doang?

Nah hal ini yang seringkali dipertanyakan sama orangtua kalau ngeliat kita berangkat kerja pakai kaos. Nggak kaya zaman dulu, orang kerja ya pakai baju rapi dan formal. Padahal ya zaman udah berubah, lingkungan kerja yang sekarang dibangun biar karyawannya nyaman, atau kamu bekerja di perusahaan rintisan yang memang dikelola oleh anak muda misalnya. Memang, nggak kayak zaman orangtua kita dulu, banyak perusahaan anak muda zaman now yang nggak pakai aturan njelimet soal outfitnya, yang penting kerjaan beres dan target tercapai, done. Meski begitu emang nggak semua lembaga atau kantor punya aturan baju casual, perusahan-perusahaan seperti perbankan dan jasa finansial, rumah sakit dan pemerintahan sih masih yaa mengharuskan rapih.

 

Dari beberapa contoh di atas, sebenarnya nggak ada yang salah baik kamu maupun orangtuamu. Cuma keadaan aja yang udah berubah, zaman waktu mereka muda jelas beda dengan zaman sekarang. Biar suasana di rumah nggak awkward terus karena perbedaan sudut pandang kayak gini, coba jelaskan baik-baik kepada mereka mengenai perbedaan yang ada. Awalnya mungkin orangtuamu masih bersikukuh dengan prinsipnya, tapi lama kelamaan mereka akan mengerti juga kok.

  • 80
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya