Norma sosial dan kultur terkait seksualitas anak muda di negara kita ini memang seakan mengatakan bahwa anak muda yang memilih untuk menjadi aktif secara seksual di luar pernikahan itu bukan “anak baik”, dan bahwa mereka patut malu karena fakta tersebut.

Makanya anak muda yang sexually active pasti udah nggak asing lagi dengan slut shaming yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya, dan bahkan juga bentuk pelecehan-pelecehan lainnya. Mereka diejek dan dipanggil dengan sebutan yang nggak pantas hanya karena pilihan personal mereka.

Dan di sini ada 4 orang yang mau turut bercerita tentang pilihan mereka menjadi sexually active di luar pernikahan. Mereka berbagi pengalaman dan pengakuan mereka ~

1.

2.

3.

4.

 

Setelah baca cerita-cerita di atas, kamu jadi tahu kan kalau memilih untuk sexually active itu mungkin memang mengundang konsekuensi-konsekuensi tertentu, tapi tetap aja pilihan itu adalah pilihanmu. Pilihan mengenai kapan dan bagaimana mulai menjadi sexually active itu tergantung nilai-nilai yang kamu pegang. Tentu juga, kalau kamu udah yakin memilih buat sexually active ya jangan lupa be safe. Pakai kontrasepsi. Pakai kontrasepsi bakal membantu mengurangi kemungkinan kehamilan tidak diinginkan dan mengurangi potensi penularan penyakit. Better be safe daripada menyesal ya, guys!

 

Tapi gimana dong cara menghadapi penghakiman dan slut shaming dari orang-orang yang mungkin nggak setuju sama pilihan kita? Nah, kamu harus sadar dan ingat bahwa memang pilihanmu itu nggak sejalan dengan norma sosial di masyarakat kita. Pahami bahwa norma sosial terkait seksualitas anak muda ini emang masih kental banget di masyarakat. Kalau kamu nyaman, kamu bisa coba komunikasikan ke para slut shamers bahwa ini adalah hidupmu dan pilihanmu, dan kamu sudah memikirkan segala konsekuensinya. Selain itu, kamu bisa banget coba baca artikel-artikel Dokter Gen Z lain tentang gimana caranya menghadapi bully. Tentunya, kalau kamu merasa butuh bantuan profesional, jangan sungkan untuk kontak konselor/psikolog terdekatmu, ya!

  • 6
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya