Tahun baru memang identik dengan semangat hidup baru ya Sobat GenZ. Nggak heran nih kalau banyak orang yang membuat resolusi agar tahun depan lebih berkembang dari tahun sebelumnya. 

Tapi nih, ada penelitian di Amerika Serikat tahun 2007 yang mengungkapkan bahwa dari responden yang memiliki resolusi tahun baru, yang pada awalnya terdapat 52% peserta yakin akan berhasil mencapai resolusinya, satu tahun kemudian hanya ada 12% responden yang benar-benar mencapai resolusi mereka. Wah, ternyata dalam mewujudkan resolusi ada tantangannya yah.

Nah, biar resolusimu nggak ambyar di tengah jalan lagi, coba simak tips-tips berikut ini deh.

1. Tentukan tujuan yang spesifik

Menentukan target | Photo created by freepik – www.freepik.com

Alih-alih memilih tujuan yang sangat besar, fokuskan dirimu pada resolusi yang spesifik sehingga kamu bisa membuat rencana untuk benar-benar mewujudkannya. Misalnya, kamu berkomitmen untuk menurunkan berat badan. Tentukan target spesifik yang ingin kamu capai, misalnya ingin menurunkan berat badan sebesar 10 kg. Begitu juga jika kamu punya resolusi untuk menjadi orang yang lebih baik di tahun selanjutnya. Ingin lebih baik seperti apa? Apakah lebih dermawan, atau lebih banyak tersenyum, atau lebih banyak ikut kegiatan sosial? Tentukan tujuanmu secara spesifik.

2. Batasi resolusimu

Biar tetap fokus | Photo created by 8photo – www.freepik.com

Kamu mungkin memiliki daftar resolusi tahun baru yang panjang. Tapi Richard Wiseman, seorang profesor psikologi di Universitas Hertfordshire, menganjurkan agar kita memilih satu resolusi saja dan memfokuskan energi kita untuk mewujudkannya. Daripada kita punya banyak resolusi tapi ambyar, mending fokus aja nih ke satu hal tapi tercapai dengan sukses!

3. Buat rencana yang mendetail

Rancang rencana | Photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Membuat rencana tertulis yang terperinci dapat membantumu tetap konsisten untuk mencapai resolusimu. Misal pakai contoh di atas mengenai ingin menurunkan berat badan 10 kg. Buat target mingguan, misalnya olahraga lari maraton mini dua kali dalam seminggu. Kalau kamu bisa membuat target harian seperti makan makanan sehat, bakal lebih bagus lagi! Tulis apapun yang kegiatan yang bisa mendukungmu untuk mencapai tujuan.

4. Buat tujuan-tujuan kecil untuk menuju tujuan besar

Kecil-kecil lama-lama jadi besar | Photo created by pch.vector – www.freepik.com

Memiliki banyak resolusi dan tergesa-gesa untuk mewujudkannya adalah salah satu alasan mengapa banyak orang gagal meraih tujuan mereka. Maka dari itu, mulai saja dulu dari hal-hal kecil. Meraih tujuan-tujuan kecil secara konsisten akan lebih baik daripada langsung menuju tujuan besar di awal tapi berakhir di tengah jalan. Meskipun awalnya mungkin terlihat “nggak ngefek” dan nggak membuahkan hasil, namun langkah-langkah kecil ini dapat membantumu membangun kebiasaan baru agar selalu berada pada jalur yang tepat untuk mencapai kesuksesan resolusimu.

5. Cari dukungan 

Saling kasih semangat biar nggak kendor | Photo created by tirachardz – www.freepik.com

Memiliki sistem pendukung yang solid bisa jadi dapat membantumu tetap termotivasi pada resolusimu. Cari teman atau kelompok yang punya tujuan yang sama. Kamu jadi punya teman untuk mengingatkan dan menyemangati kalau kamu sedang keluar jalur.

6. Apresiasi dirimu sendiri

Terima kasih, aku! | Photo created by shurkin_son – www.freepik.com

Jangan terfokus untuk membuat pencapaian resolusi yang sempurna. Nggak perlu menyalahkan diri sendiri kalau misalnya terlewat satu-dua hari target. Hargai proses yang terjadi selama mencapai tujuanmu. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa fokus lagi ke tujuanmu. Kamu akan tetap mencapai garis finish kok walaupun berlari, jongkok, ataupun merangkak. Ucapkan terima kasih pada diri sendiri karena telah konsisten. Bisa kok, bisa!

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa membantu kamu kamu untuk tetap mempertahankan resolusi yang kamu buat! Ingat lagi tujuanmu kenapa membuat resolusi itu di awal tahun. Slow but sure alias pelan tapi pasti. Yuk semangat untuk mencapai garis finish!

 

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya