“Eh pacaran itu ngabisin duit nggak sih?”

Banyak lho argumen yang bilang kalau pacaran itu cuma ngabisin duit doang. Tapi apa iya? Pacaran kan nggak butuh biaya gede rutin. Masa iya sih ngabisin biaya doang.

Nah buat membuktikan itu, yuk kita bikin simulasi biaya yang kamu habiskan buat pacaran. Sambil diitung-itung juga, ya. Biar kamu bisa menentukan apakah memilih buat pacaran saat ini cocok sama kamu atau nggak~ Heuheu

Rangkaian pacaran dimulai dari PDKT, coba diitung pulsa yang kamu keluarkan

Karena zaman yang udah serba teknologi, nggak mungkin dong kamu deketin gebetan pake kirim-kiriman surat. Pasti sekarang udah zamannya pake media sosial atau chat messenger. Deketin gebetan pake media sosial atau chat messenger gitu emang nggak bikin kamu terasa ngeluarin duit, ya. Tapi faktanya tetap ada itungan pulsa yang kamu keluarkan.

Nah berikut kita kira-kira aja pengeluaranmu pulsamu. Mulai dari yang buat chat sampai video call juga:

Paket 32GB = Rp 60.000 per bulan

Belum lagi kalau kamu ngasi kado atau apa gitu, meski nggak rutin tapi pasti pernah kan…

Kado ini memang nggak jadi pengeluaran rutin tiap bulan, ya. Tapi kado bisa jadi salah satu hal yang pasti pernah kamu keluarkan buat pasangan atau gebetan, kan? Entah itu buat ngasi cokelat atau ngasi boneka pas dia ulang tahun.

Coba deh kita perkirakan pengeluaranmu kadomu kayak di bawah ini:

Buat beli kado = Rp 50.000 per bulan

Ajakan nonton juga pernah, kan sesekali. Yuk masuk itungan ya…

Buat anak zaman sekarang kayak kita, salah satu agenda yang cukup rutin buat kencan adalah nonton. Eits, tapi nonton ini nggak cuma sekadar nonton, ya. Pasti ada printilan lainnya juga yang turut dibeli. Kayak popcorn atau minumnya~

Jadi, kita tulis pengeluaran buat nonton kayak di bawah ini, ya:

2 tiket nonton plus paket popcorn dan minuman = Rp 100.000 sekali nonton

Nah kalau jalan, uang makan juga dihitung, ya~

Selain nonton, kegiatan paling asyik buat kencan ya makan. Soalnya momen makan ini berasa istimewa banget. Kalau nonton kan kamu cuma bisa diam menikmati filmnya, nah momen makan ini bisa jadi momen yang pas buat ngajak ngobrol gebetan. Dengan ngobrol itu kamu bisa mengenal pasangan dengan lebih dekat.

Makanya perlu ada budget pengeluaran soal uang makan pas jalan-jalan. Segini cukup, kan?

Biaya makan pas kencan = Rp 70.000 sekali jalan dikali 2 kali jalan dalam sebulan = Rp 140.000

Eits jangan lupa bensin juga masuk itungan…

Bensin ini adalah koentji! Mau agenda kencanmu makan, nonton, atau ngapain aja, yang jadi pengeluaran pokok tak terelakkan adalah transportasi. Sebenarnya ini nggak cuma bensin doang, ya. Kalau kamu udah punya kendaraan sendiri sih paling keluar duit bensin ya, tapi kalau kamu masih pakai kendaraan umum, pengeluarannya tetap harus ditulis!

Hmm… Kira-kira segini kali, ya:

Uang transportasi = Rp 50.000 per bulan

Nah kalau mau dihitung dengan seksama dan simpel, jumlah pengeluaran yang harus kamu persiapkan kalau pacaran kira-kira jadi segini nih:

60.000 + 50.000 +100.000 + 140.000 + 50.000 = Rp 400.000 per bulan

Yang harus kamu ingat, skenario hitungan kayak di atas bisa jadi sangat bervariasi ya bagi masing-masing orang. Ada yang jauh lebih besar, ada juga yang justru ngeluarin uang lebih sedikit. Tapi tetap aja, umumnya pacaran itu pasti bikin kamu mengeluarkan biaya.

Dari informasi di atas bisa banget jadi bahan pertimbanganmu sebelum memutuskan buat pacaran. Apakah kamu siap buat ngeluarin uang segitu? Sementara buat kamu yang sekarang udah punya pacar, coba deh bikin draft pengeluaran pacaran kayak gini. Biar kamu tahu apa aja yang kamu keluarkan buat pacaran dan berapa banyak pengeluaranmu.

Selain itu, bikin draft pengeluaran kayak juga sekalian biar kamu belajar soal budgeting dan mengambil keputusan. Perlu nggak tuh ngeluarin uang segitu buat pacaran? Atau biar kamu juga bisa ngambil keputusan kira-kira agenda pacaran lain yang bisa lebih hemat dan lebih bermanfaat buat kamu apa, seperti contohnya makan bareng keluarga, main-main ke museum, piknik di taman kota, baca di perpustakaan, dan lain-lain. Plus di akhir bulan kamu juga jadi tetap bisa nabung demi masa depan. Cobain deh, seru kok ~

 

  • 195
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya