Sobat GenZ, tahu nggak sih bahwa aksi bullying banyak diperlihatkan dalam karya visual loh, seperti film, sinetron, atau web series. Tapi nih ya kalau kamu memperhatikan, beberapa aksi bullying banyak dilakukan secara berkelompok. Mulai dari si Memet di sinetron Entong, Fariz di film Ngenest, Sadam di film Sherina, dan beberapa kelompok lainnya yang berperan sebagai ‘tukang usil’. 

Ada beberapa aksi bullying yang kerap kali bersembunyi di balik tindakan usil. Misalnya seperti menyembunyikan sesuatu, merusak barang, atau mengunci seseorang dalam ruangan. Bila tindakan ini dilakukan secara berulang kali hingga mengganggu korbannya, hal ini sudah termasuk dalam aksi bullying loh teman-teman.

Salah satu alasan seseorang melakukan bullying adalah karena merasa dirinya memiliki kekuasaan. Hal ini diperkuat saat mereka sedang berkelompok. Terkadang mereka melakukan bully hanya karena untuk mencari sensasi dan mendapatkan banyak perhatian dari sekelilingnya. Nah, supaya kamu tidak di-bully lagi, berikut ini cara membuat orang respek atau menghormatimu. 

Bangun kebersamaan | Photo by elevate via www.pexels.com

1. Jalin pertemanan dengan tulus

Pertemanan yang setia tentu tidak hanya sebatas ada maunya saja atau ada perlunya saja. Seperti pesan ibu yang selalu bilang, “Pilih-pilih kalau mau berteman,” memang ada benarnya. Bertemanlah dengan orang-orang yang memberikan dampak positif untuk dirimu seperti saling support, saling membantu, dan saling bertukar kabar.

Dengan adanya ikatan batin di antara kamu dan temanmu, secara tidak langsung kamu sedang menabur benih kebaikan. Sehingga pada saat kamu sedang di-bully, teman-temanmu akan bersedia untuk membantu. Tapi pastikan kamu berteman dengan tulus ya!

Tampilkan dirimu apa adanya | Photo by allan mas via www.pexels.com

2. Bangun citra positif 

Salah satu cara membuat teman mau setia dan betah denganmu adalah dengan membangun citra positif. Hal ini bisa kamu lakukan dengan selalu tepat waktu saat mengadakan pertemuan, menepati janji, tidak munafik, dan jujur. Dengan begitu, kamu bisa menjadi seorang teman yang menyenangkan untuk orang lain.

Saling menyenangkan satu sama lain dengan tulus | Photo by cottonbro via www.pexels.com

3. Cermati langkah menyenangkan orang 

Namanya juga sedang usaha untuk mendapatkan respek atau rasa hormat dari teman, kadang kala membuatmu tanpa sadar selalu menuruti segala hal untuk menyenangkannya. Tapi perhatikan batasnya ya agar hubungan pertemananmu tetap sehat.

Sebelum kebaikanmu dimanfaatkan oleh teman, kamu juga harus bisa mengetahui tanda-tanda bahwa temanmu telah memberikan respek kepadamu. Mulai dari hal-hal kecil seperti mau mendengarkan ceritamu saat mengalami bully, mau menjaga rahasiamu, dan menghargai segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

 

Nah, itulah beberapa cara membuat orang lain atau teman mau memberikan respek atau rasa hormat pada dirimu. Sehingga kamu tidak lagi dianggap remeh dan mereka mau bersedia membela kamu saat sedang di-bully. Namun pastikan kamu juga akan melakukan hal yang sama yah jika temanmu menerima bullying!

 

Referensi: 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya