Sobat GenZ, mau tanya deh! Waktu luangmu biasanya dihabiskan dengan hal apa nih? Mendengarkan lagu seharian? Atau menonton serial drama Korea sampai pagi? Banyak alasan kenapa kamu sampai bisa suka banget sama sesuatu. Entah itu dari lirik lagunya atau jalan ceritanya yang relate banget dengan keadaanmu, sampai-sampai artis atau idola yang membuatmu kagum. 

Saking kagumnya dengan seorang penyanyi atau pemain serial drama, nggak jarang membuat beberapa orang mengikuti Instagram, Youtube, atau berita untuk lebih tahu apapun terkait kehidupan sang idola. Seperti pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang.” Meskipun tidak mengenalnya secara langsung, rasanya seperti ada kedekatan pribadi antara kamu dengan sang idola. 

Nah Sobat GenZ, ternyata rasa kagum yang luar biasa kepada sang idola dapat membuatmu mengalami Celebrity Worship Syndrome lho. Kalau berlebihan,  hal ini bisa berdampak buruk pada dirimu. Simak penjelasan berikut ini ya!

Apapun akan kamu lakukan demi sang idola | Photo by anton belitskiy – www.pexels.com

Apa itu Celebrity Worship Syndrome

Celebrity Worship Syndrome atau gangguan yang dialami karena pemujaan yang berlebihan terhadap selebriti, dapat mendorong seseorang untuk menjadi sangat terobsesi dengan kehidupan pribadi atau segala sesuatu yang berhubungan dengan sang idola. 

Menurut tim penelitian Maltby yang dimuat dalam Journal of Nervous and Mental Disease menjelaskan bahwa individu yang terobsesi dengan selebriti seringkali menderita disosiasi (kepribadian ganda) dan cenderung memiliki tingkat fantasi yang tinggi sehingga seakan-akan memiliki hubungan khusus dengan sang idola. Hayo siapa disini yang suka halu atau bahkan anggota fandom garis keras?

Jangan sampai idola terlalu mempengaruhi emosionalmu | Photo by elijah o’donnell via www.pexels.com

Bagaimana hal ini mempengaruhi emosimu

Mengagumi seseorang itu hal yang wajar kok, Sobat GenZ. Namun bila dilakukan secara berlebihan dan mulai mengganggu kehidupanmu sehari-hari, maka kamu perlu waspada! Untuk mengetahui seberapa terobsesinya kamu dengan sang idola, yuk cek level-level Celebrity Worship Syndrome berikut ini!

  • Level rendah yaitu entertainment-social. Ketika kamu merasakan tingkatan emosional saat ngobrolin sang idola bersama teman kamu yang sama-sama menyukainya atau saat kamu ikut bergabung dalam fandom.
  • Level menengah yaitu intense-personal. Ketika kamu secara berlebihan menonton serial drama hingga lupa waktu serta berlebihan dalam membeli barang-barang yang berhubungan dengan sang idola seperti tiket konser dan poster. 
  • Level tinggi yaitu pathological-borderline. Ketika kamu memiliki tingkat fantasi yang tinggi kepada sang idola seperti merasa seakan-akan memiliki hubungan khusus dengan sang idola. Misalnya sampai mengganti sarung bantal dengan wajah sang idola dan melupakan kehidupan nyata yang sedang berjalan. Waduh, ini sih sudah berlebihan banget. 

 

Mungkin sang idola adalah salah satu alasan yang memotivasi kamu untuk menjalani hari. Tapi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik lho Sobat GenZ, termasuk rasa kagum. Apalagi kalau sampai membuatmu malas menjalani kehidupan nyata dan menghambur-hamburkan uang demi sang idola. Teman-teman harus bisa kontrol diri. Jadikan sang idola sebagai motivasi kamu tanpa melupakan dirimu sendiri!

 

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya