Sejak pertama kali ramai pemberitaan soal kasus virus Corona baru atau SARS-CoV-2, banyak banget orang yang menganggapnya remeh. Komentar-komentar seperti “Halah paling cuma flu biasa” sampai “Di Indonesia pasti aman, tenaaang~” banyak banget di media sosial. Bahkan ketika kasus COVID-19 ini mulai ramai di Indonesia dan anjuran pemerintah untuk #JagaJarakSejenak dan tetap #DiRumahAja keluar, masih aja banyak orang yang nggak patuh dan meremehkan.

Mentang-mentang masih muda dan merasa badannya sehat, banyak anak muda yang sok berani sama virus ini

“Aku masih muda dan badanku sehat, jadi buat apa takut? ”

Kalimat kayak gitu sering banget keluar dari mulut teman-teman saat ditanya soal virus SARS-CoV-2. Ya memang sih kita masih muda, badan juga boleh jadi cukup sehat. Namun bukan berarti kita otomatis kebal sama virus SARS-CoV-2 ini, ya. Ingat, banyak lho ternyata orang-orang yang ternyata mengidap virus SARS-CoV-2 tapi nggak menunjukkan gejala apa-apa. Dilansir dari DW, ada lebih dari 30% kasus positif yang nggak menunjukkan gejala sama sekali. Kalau udah kayak gitu, yakin masih mau nongkrong dan main di luar?

Kita mungkin nggak ngerasa, tapi sifat cuek itu bisa membahayakan orang lain

Boleh jadi kita penganut slogan YOLO (You Only Live Once) yang belakangan ramai di media sosial. Bermodal slogan itu dan keyakinan bahwa kita masih muda plus nggak ngerasa sakit bikin kita jadi pede-pede aja main ke sana ke mari. Padahal, bisa jadi lho kita ini adalah carrier atau pembawa virus SARS-CoV-2. Sifat cuek kita sama keadaan saat ini sangat bisa membahayakan nyawa orang lain.

Terus keluyuran dan main sama orang tersayang berpotensi membuat mereka tertular COVID-19 ini. Apalagi kalau di rumah ada orang tua yang rentan, sifat cuek kita bisa berakibat fatal. Kita tentu nggak mau kan bikin orangtua kita sampai kena virus SARS-CoV-2? Ya kan?

Terus apa dong yang bisa dilakukan?

Untuk saat ini memang vaksin untuk mengatasi virus SARS-CoV-2 belum ditemukan. Namun bukan berarti kita nggak bisa memerangi virus ini, ya. Hal paling penting yang harus kita lakukan adalah mengikuti anjuran pemerintah untuk #JagaJarakSejenak dan tetap #DiRumahAja. Dengan begitu risiko kita tertular dan menularkan virus jadi lebih sedikit. Selain itu, kita juga disarankan untuk rajin-rajin cuci tangan pakai sabun. Nggak ribet kan?

Anak muda kayak kamu juga bisa bantu memberikan pengertian kepada kaum rentan (orang tua, ibu hamil, dan balita) yang ada di rumah kamu agar turut melakukan #JagaJarakSejenak. Percaya deh, kalau kita semua kooperatif dan mengikuti anjuran serta saran WHO dan pemerintah, masa-masa menakutkan ini pasti segera kita lewati bersama!

  • 7K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya