“Uhhh, kram banget perut bawahku! Gimana nih mengatasinya?” 

Sebagian besar perempuan pasti pernah mengalami keluhan tersebut ketika menjelang menstruasi. Bisa jadi kamu salah satunya. Kram perut bagian bawah bisa terjadi saat kamu mengalami PMS atau Pre Menstruation Syndrome. PMS adalah sebuah kumpulan gejala baik fisik maupun psikis yang biasanya terjadi satu hingga dua minggu sebelum menstruasi terjadi. Gejala-gejala PMS bervariasi dan dapat berbeda-beda antara satu perempuan dengan perempuan lain. Tingkat intensitas gejalanya pun beragam, mulai dari ringan, sedang, sampai berat dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Nah berikut ini beberapa tips mengenai hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan atau tidak dilakukan ketika mengalami PMS. Bagi kamu yang nggak mengalami PMS, tips-tips di bawah bisa banget kamu gunakan untuk membantu teman atau anggota keluarga kamu yang sedang PMS.

DOs

 

1. Olahraga secara teratur

Olahraga adalah koentji | Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Penelitian di Iran tahun 2013 terhadap 40 orang perempuan bukan atlet menunjukkan bahwa olahraga aerobik selama 8 minggu efektif dalam mengurangi gejala PMS. Olahraga membawa manfaat yang banyak untuk tubuh kita lho, diantaranya adalah memperlancar aliran dan sirkulasi darah, memperbaiki mood, dan membantu tubuh untuk mengatur hormon. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi depresi, kesulitan dan rasa lelah.

2. Temukan cara efektif untuk mengurangi stres

Don’t worry be happy | Photo by Helena Lopes from Pexels

Merasa stres berlebihan sebelum siklus menstruasi dapat meningkatkan risiko mengalami PMS yang lebih parah. Ketika tidak teratasi jumlah hormon kortisol, atau hormon stress, di dalam tubuh meningkat. Level hormon kortisol yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Maka dari itu ketika mengalami sesuatu yang membuat stres, kamu bisa mencoba beberapa strategi sehat mengelola stres. Beberapa contohnya adalah: 

  • tulis apa yang kamu rasakan pada jurnal harian
  • hubungilah temanmu untuk curhat 
  • alihkan perhatian dengan melihat hal-hal lucu di internet 
  • buatmu dirimu rileks dengan yoga, pijat atau meditasi

Don’ts

1. Mengonsumsi garam yang berlebih

Makan enak tapi sehat | Photo by Ella Olsson from Pexels

Apakah kamu terbiasa menambah garam jika sedang makan di luar? Jika kamu memiliki gejala PMS, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan itu. Konsumsi garam yang berlebih dapat menyebabkan kembung dan berkurangnya pasokan air dalam tubuh. Ketika pasokan air dalam tubuh berkurang, kamu bisa mengalami dehidrasi yang berdampak pada kesehatan tubuhmu. Nah, maka dari itu kamu dapat mengonsumsi buah dan sayur untuk membantu tubuh untuk mengurangi kadar sodium dan menghilangkan kembung.

2. Mengonsumsi makanan manis yang berlebih

Buah rasanya manis tapi tetap sehat! | Photo by Trang Doan from Pexels

Tiba-tiba ngidam pengen makan makanan manis? Nah, penyebabnya bisa jadi adalah perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang juga dapat menurunkan kadar serotonin kimiawi di otak. Perubahan inilah yang mempengaruhi mood swings pada perempuan dan memicu gejala-gejala PMS. Tapi memenuhi rasa ngidam dengan makanan manis yang nggak sehat malah bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya loh, yaitu kenaikan berat badan! Nah, coba konsumsi alternatif lain yang lebih sehat yuk. Misalnya buah-buahan dan biji-bijian.

3. Merokok

Merokok nggak ada baiknya buat tubuh | Photo by George Morina from Pexels

Merokok dapat meningkatkan kemungkinan perempuan mengalami gejala PMS dengan tingkat keparahan sedang hingga berat. Misalnya saja, sebuah penelitian menunjukkan perempuan yang merokok mengalami gejala PMS yang lebih buruk daripada perempuan yang tidak merokok lho! Salah satu alasannya adalah merokok dapat menghambat aliran dan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang buruk dapat membuat hormon estrogen dan progesteron, dua hormon yang berperan besar dalam siklus menstruasi, menjadi tidak stabil. 

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika PMS dan apa saja yang dapat memperburuknya? Tips-tips ini juga bisa untuk kamu mencegah gejala PMS loh. Dan untuk kamu yang laki-laki, bisa banget kasih tips ini untuk teman dan anggota keluargamu yang perempuan. Jadi meskipun lagi ‘ada tamu’, tetep bisa produktif deh!

 

Referensi:

  • 80
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya