“Ma, kok ituku numbuh rambut ya?”

Ada nggak yang dulu mau nanya hal kayak gitu ke ortu sendiri tapi malu dan sungkan? Takut kalau ternyata nggak normal atau justru malah gejala dari penyakit? Ada. Banyak. Kenapa? Karena kita masih kurang pengetahuan tapi malah menganggap pembahasan area seksual adalah sebuah hal yang sensitif dan nggak bisa lantang dibicarakan. 

Ini berarti ada gap antara kebutuhan pengetahuan dengan sumber ilmunya. Nah kira-kira kalau di rumah saja masih malu-malu mau tahu, apalagi di sekolah? Kan nggak semua sekolah punya guru konseling yang bisa ditanya-tanya soal beginian. Ya kan? Apalagi kalau gurunya beda gender sama kita, pasti makin sungkan.  

Makanya dengan adanya teknologi internet, kita cenderung mencari tahu sendiri. Tapi ya namanya informasi bebas beredar, kadang nggak benar atau kurang bisa dipertanggungjawabkan. Serba salah kan? Susah rasanya mau belajar dengan siapa soal beginian?

Eits tenang, Dokter Gen Z sudah mengumpulkan dan menyaring beberapa influencer dan akun media sosial yang bisa kamu jadikan bahan rujukan dan pertimbangan dalam memahami all about sexuality. Emang sih yang namanya pendidikan seks itu seharusnya didapat dari sejak dini dari keluarga maupun sekolah. Tapi kalau ternyata masih minim juga, kita bisa kok pandai-pandai mencari sumber yang kredibel dari luar. Asal bijak dalam memilih akun yang betul-betul bisa dipercaya. Salah satunya ya jelas Dokter Gen Z sih. Hehehehe. 

Nih beberapa akun rekomendasi Dokter Gen Z:

1. @Tabu.id

Tabu.id

Sumber: Instagram Tabu.id

Akun yang satu ini biasanya membagikan info mengenai kesehatan seksual dengan cara yang fun menggunakan gambar infografis dan hal-hal yang sedang hype di kalangan anak muda, misalnya menggunakan video Tiktok lho. 

Dengan jargon sebagai “Ruang belajar tentang kesehatan seksual dan reproduksi untuk anak muda Indonesia” Tabu.id mengajak para anak muda Indonesia lebih aware sama hal-hal yang biasanya dianggap tabu. Kamu bisa langsung meluncur deh ke akun media sosial Instagramnya dengan nama @Tabu.id.

2. @Catwomanizer

Andrea Gunawan

Sumber: Instagram Andrea Gunawan

Akun Instagram dengan nama pengguna @Catwomanizer ini adalah milik Andrea Gunawan. Ia dikenal saat ini sebagai influencer yang kerap kali membagikan insight seputar seksualitas dan toxic relationship. Misalnya membagikan tips bagaimana ia merawat area kewanitaannya, bahkan Andrea juga meluangkan waktu menjawab pertanyaan yang masuk dari pengikutnya di Instagram. 

Selain berbagi tentang bagaimana punya hubungan dan area kewanitaan yang sehat, Andrea juga sering lho jadi pembicara di beberapa acara. Ia juga punya website khusus yang diberi nama Real Talk by Andrea. Hal-hal yang dibagikan Andrea pada website-nya yakni seputar cerita-cerita seksual, pendidikan seks, event, hingga membuat forum diskusi.

3. @Jennyjusuf

Jenny Jusuf

Sumber: Instagram Jenny Jusuf

Jenny Jusuf merupakan penulis skenario beberapa film di Indonesia, sebut saja Filosofi Kopi dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini. Ia juga dikenal sebagai influencer yang kerap kali membagikan saran atau menjawab pertanyaan seputar kesehatan seksual dan bagaimana cara menyayangi diri sendiri atau self-afirmation. Jenny dan Andrea merupakan teman dekat yang sama-sama fokus dalam membangun hubungan yang setara dan seksualitas yang sehat. 

Sama seperti Andrea, Jenny juga sering membagi caranya menjaga kesehatan alat reproduksi sampai cara mencintai diri sendiri. Misalnya seperti bagaimana merawat bulu pubis, alat cukur yang aman digunakan baik untuk area kewanitaan dan ketiak, sharing tentang hubungan seks pertama, lepas dari hubungan yang toxic, dan lain-lain. Kamu bisa follow akun Instagramnya di @Jennyjusuf.

4. @Zoyaamirin

Zoya Amirin

Sumber: Instagram Zoya Amirin

Nah kalo Zoya Amirin adalah seorang psikolog seksual yang juga sering kali membagikan pengetahuan tentang seks dari sudut pandang psikologi. Ia udah malang melintang lho di beberapa stasiun TV Nasional.

Dalam unggahan Instagramnya, Zoya kerap membagikan informasi mengenai hubungan seks yang berkualitas tak hanya dari sisi laki-laki tapi juga dari sisi perempuan. Nih cocok untuk perempuan yang kadang sangat malu mengungkapkan pendapatnya dalam hubungan seksual. Sama dengan Andrea, Zoya juga mengelola website dengan nama www.zoyaamirin.me

Nah itu dia beberapa akun Instagram yang bisa kamu follow untuk menambah pengetahuan kamu soal kesehatan seksual, hubungan percintaan, bagaimana mengidentifikasi hubungan yang toxic, lebih mencintai diri sendiri, dan juga bisa bertanya-tanya langsung melalui media sosial mereka. 

 

  • 58
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya