Kecanduan masturbasi atau biasa disebut ‘coli’ merupakan salah satu masalah yang seringkali dikeluhkan oleh para lelaki terutama saat menjalani masa lajang. Banyaknya waktu luang maupun rasa penat membuat media sosial tak hanya menjadi tempat untuk mencari hiburan saja, tetapi juga untuk melihat sesuatu yang mengairahkan sehingga terdorong untuk melakukan masturbasi.

Karena dianggap sebagai hal tabu, banyak diantara kita yang malu bercerita untuk meminta solusi yang tepat dalam menghentikan kecanduan yang satu ini. Padahal dukungan dari lingkungan sekitar itu penting loh untuk memotivasi kamu untuk segera keluar dari permasalah yang ada, seperti kecanduan masturbasi. 

Pentingnya akan kebutuhan kelompok pendukung mendorong para fapstronaut (julukan untuk para pecandu masturbasi) untuk membuat suatu gerakan #nofap diberbagai media sosial sebagai bentuk perjuangan dalam melawan kecanduan masturbasi.  Nah, mau tau bagaimana cara fapstronaut berhenti dari kecanduan masturbasi? Yuk kita simak artikel yang satu ini. Check this out

Cara ampuh melawan kecanduan masturbasi | Photo by memegenerator via memegenerator.net via memegenerator.net

Menggunakan meme untuk saling mengingatkan 

Istilah meme pertama kali dipopulerkan oleh ahli biologi evolusi bernama Richard Dawkins dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene, temen-temen. Ada beberapa kesimpulan mengapa meme banyak digunakan sebagai media komunikasi yang efektif dalam menghentikan kecanduan masturbasi.

Mulai dari membantu kamu untuk memahami sesuatu hal yang sulit dijelaskan oleh para pecandu masturbasi lainnya, banyaknya meme yang relate dengan kehidupan nyata para pecandu masturbasi, adanya ikatan emosional untuk saling merasakan sesuatu hal yang sama, dan juga membantu kamu untuk melihat suatu permasalahan dengan cara yang santai. 

Yuk bisa yuk | Photo by oatawa via www.freepik.com

Saling menyemangati satu sama lain 

Memiliki akun Fanpage di Facebook dan Instagram membuat para fapstronaut bisa melakukan tanya jawab dengan para pecandu masturbasi lainnya seputar permasalahan yang kerap kali dialaminya baik sebelum maupun setelah melakukan masturbasi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kolom komentar sebagai tempat menyalurkan dukungan kepada teman-teman untuk berhenti dari kecanduan masturbasi.

Atur jadwal masturbasimu biar nggak berlebihan | Photo by olya kobruseva via www.pexels.com

Menggunakan metode pencatatan kalender 

Untuk berhenti secara instan dari kecanduan masturbasi memang bukan perkara yang mudah ya, Sobat GenZ. Kudu sabar dan kudu bertahap. Kamu bisa memulainya dari berlatih mengurangi frekuensi masturbasi loh. Misalnya dari seminggu tiga kali berkurang menjadi seminggu dua kali dan seterusnya. Supaya kamu bisa konsisten dalam mengurangi kecanduan masturbasi, maka gunakanlah metode pencatatan Calender Habit atau kalender kebiasaan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone kamu. Nah Dokter GenZ punya rekomendasi nih, namanya aplikasi TickTick. Semoga bisa membantu ya. 

Melakukan masturbasi atau coli secara berlebihan bisa berdampak pada kondisi psikis seseorang yang melakukannya loh, diantaranya menyebabkan penurunan produktivitas dan penurunan sensitivitas seksual. Hal inilah yang menjadi salah satu motivasi diantara kita dalam berjuang melawan kecanduan masturbasi. Semoga tips yang telah Dokter GenZ berikan bermanfaat ya! Semangat!

 

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya