Tiba-tiba terbangun dan ngerasa ada yang basah di celana emang rasanya nggak nyaman. Mungkin awalnya kamu mikir kalau kamu ngompol. Tapi setelah diteliti, basahnya beda. Lebih lengket gitu dari ngompol biasanya. Lagian juga umurmu kan udah remaja, masa iya sih ngompol lagi setelah sekian lama? Akhirnya kamu bingung dan googling. Baru deh dari situ keluar kata “mimpi basah”.

“Tapi apa sih sebenarnya mimpi basah itu? Kok bisa ya kamu mimpi basah?”

Nah, biar kamu nggak bertanya-tanya lagi soal mimpi basah, artikel ini bakal menjelaskan sedetail-detailnya. Simak baik-baik ya!

Mimpi basah adalah ejakulasi yang terjadi saat tidur

Ketika menginjak usia remaja, cowok akan mengalami mimpi basah atau yang dalam istilah medisnya disebut emisi nokturnal alias ‘keluar’ pada malam hari. Mimpi basah ini terjadi saat cowok bermimpi tentang hal-hal yang berbau seksual dan bikin mereka jadi bergairah. Biasanya sering muncul di fase tidur REM atau pas tidurmu lagi nyenyak-nyenyaknya. Di fase ini, aktivitas otakmu emang lagi aktif-aktifnya, makanya kamu kerap bermimpi.

Nah, karena terangsang tadi, alat kelamin cowok ini nggak cuma ‘berdiri’ tapi juga kadang-kadang ngeluarin air mani (cairan yang mengandung sperma) atau ejakulasi, sementara mereka masih tertidur. Nggak jarang cowok baru nyadar pas udah bangun, tahu-tahu celananya udah ‘basah’ dan lengket aja. Kalau kamu ngalamin ini, artinya kamu sudah puber!

Mengalami mimpi basah itu normal kok, nggak usah malu!

Kebanyakan cowok bakal lupa tentang apa yang sebenarnya terjadi di mimpinya pas mimpi basah. Makanya, ketika pertama kali bangun tidur dan mendapati celananya basah dan lengket, cowok bakal kebingungan. Ada juga yang kebangun karena kaget dan ngerasa dirinya habis ngompol, padahal udah SMP. Nggak apa-apa kok, wajar. Nggak perlu bingung, takut, apalagi malu. Semua cowok bakal mengalaminya kok kalau udah waktunya. Itu artinya tubuhmu mulai memproduksi lebih banyak testosteron atau hormon laki-laki yang dihasilkan oleh organ reproduksi. Berarti kamu tumbuh dengan sehat dan normal.

Meski kadang bikin repot, mimpi basah nggak bisa dicegah. Nikmatin aja~

Beberapa cowok mungkin ngerasa nggak nyaman karena efek yang terjadi setelah mimpi basah. Belum lagi kudu ganti celana bahkan ganti seprai karena ikut basah dan lengket oleh air mani yang keluar tanpa disengaja. Kalau ada yang tanya, “Gimana sih caranya biar nggak mimpi basah?”, jawabannya adalah nggak ada caranya. Nggak ada strategi yang terbukti secara ilmiah untuk menghindari mimpi basah. Ya, namanya juga proses alami dan tanpa disengaja yang bakal terjadi di setiap cowok yang udah menginjak masa remaja. Nanti, seiring dengan bertambahnya usiamu, mimpi basah ini bakal berkurang sendiri kok frekuensinya. Hehehe~

Sekarang kamu sudah tahu kan, apa itu mimpi basah. Jadi bukan sekadar ngeluarin mani aja tanpa ada penyebabnya, apalagi ngompol, bukan. Mimpi basah itu adalah tanda bahwa kamu lagi ngalamin perkembangan yang normal.

 

Kalau kamu ngerasa nggak nyaman dengan mimpi basah, coba deh ngobrol sama orang dewasa yang lebih tahu dan yang kamu percaya, misalnya ke orang tua, konselor di sekolah, atau penyedia layanan kesehatan remaja kayak Dokter Gen Z ini. Niscaya kamu akan bisa memahami dan lebih nyaman dengan masa perkembangan yang lagi kamu alami.

  • 1
    Share

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya