Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih, hadirnya media sosial seperti TikTok, Instagram, atau YouTube menjadi tempat para remaja untuk mengekspresikan dirinya secara digital. Apalagi aplikasi TikTok yang tengah populer di kalangan remaja saat ini dan telah diunduh sebanyak 100 juta lebih pengguna dengan berbagai macam konten yang menarik. Hal ini mendorong para remaja untuk berkarya dengan lebih kreatif dengan membuat video-video unik. 

Diantara ribuan konten menarik, ada salah satu fenomena yang cukup unik nih, yaitu hadirnya e-girls dan e-boys. Sobat GenZ yang penggemar jejepangan pasti sudah tidak asing kan? Buat yang masih penasaran, yuk simak artikel yang satu ini!

Trend fashion anak muda dengan tampilan yang nyentrik | Foto oleh Melvin Buezo dari Pexels

Apa sih E-Girls atau E-Boys itu? 

Menurut seorang ahli media dan sosiolog bernama Dick Hebdige dari Universitas of California dalam karyanya yang berjudul The Meaning of Style, ia mempelajari gaya berpakaian anak muda di Inggris pada tahun 1960-1970-an, seperti punk, mods, emo, dan teddy boys. Gaya berpakaian ini dikenal dengan sebutan subkultur karena dianggap sebagai bentuk perlawanan terhadap kebiasaan gaya hidup yang normal di negara tersebut. 

Akses internet yang semakin mudah membuat subkultur di kalangan remaja semakin leluasa. Nah, termasuk electronic girl dan electronic boy ini yang mana merupakan cara remaja dalam mengekspresikan gaya berpakaiannya secara elektronik melalui media sosial, terutama di TikTok. Pengaruh budaya dari pengguna TikTok lainnya dalam gaya berpakaian membuat kamu secara tidak langsung tergoda untuk mencobanya. 

Anak milenial yang ekspresif | Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Seperti apa penampilan E-Girls atau E-Boys

Pengaruh e-girls dan e-boys dapat dilihat dari persona digital yang mereka tampilkan, baik berupa video di TikTok maupun posenya di Instagram. Stereotip seorang e-girls dan e-boys menampilkan seorang perempuan atau laki-laki yang tampil percaya diri dengan make up merona, rambut warna-warni, dan baju gaya terkini.  

Mencoba berbagai macam gaya dalam berpakaian itu wajar-wajar saja kok, Sobat GenZ. Selama kamu nyaman mengenakan pakaian tersebut dan sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan malah jadi boros dan konsumtif ya!

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya