Tampil cantik atau ganteng di momen perayaan hari besar, seperti idul fitri, natal, atau imlek merupakan dambaan semua orang. Bahkan kamu sampai rela membeli pakaian baru untuk dikenakan saat kumpul bersama keluarga besar atau teman dengan harapan bisa menambah penampilanmu. Mungkin kamu pernah dengar jargon sebuah toko yang bilang bahwa “Keren adalah hak segala bangsa”. Tak hanya pakaian, ternyata produk perawatan kulit atau skin care menjadi daya tarik sendiri loh di Indonesia, khususnya para remaja nih. 

Menurut data Euromonitor International yang bertajuk The Future of Skin Care, Indonesia menempati posisi kedua, menyusul Amerika Serikat di peringkat ketiga sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan skin care loh, Sobat GenZ. Misalnya seperti masker wajah, pelembab wajah, dan pembersih wajah. Hal ini didukung dengan adanya pandemi COVID-19 yang membuat orang-orang untuk melakukan perawatan wajah.

Tapi wajah berseri kamu kurang lengkap kalau tidak ditambah glow up yang satu ini. Yuk intip apa saja glow up yang bisa kamu lakukan demi tampil maksimal. Check this out!

Tambah wawasan supaya membuka pemikiran lebih luas | Photo by abby chung via www.pexels.com

Menambah pengetahuan intelektual

Tidak hanya skin care saja loh yang bisa kamu aplikasikan pada dirimu. Dengan menambah pengetahuan, dirimu bisa tampil maksimal saat berkumpul bersama keluarga besar atau teman. Mulai dari sering membaca buku atau membaca postingan yang bisa menambah wawasan. Sehingga membuat pikiranmu lebih terbuka luas dan obrolan bakal lebih asik deh. 

Coba deh kamu baca buku-buku yang Dokter GenZ rekomendasikan: Filosofi Teras, Seni Bersikap Bodo Amat, dan Atomic Habits. Kamu bisa membelinya secara online atau membacanya di perpustakaan daerah. Siapa tahu saat sedang membaca buku di sana bisa ketemu jodoh. Ups!

Tampan nan baik hati adalah koentji glow up | Photo by suraphat nueaon via www.pexels.com

Mengelola perilaku 

Seneng deh liat seseorang di Tiktok yang membantu orang lain. Kamu ngerasain hal yang sama juga nggak nih, Sobat GenZ? Siapa coba yang nggak meleleh saat didekati orang baik hati, dermawan, dan rajin menabung? Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengelola perilaku dengan tetap sopan, ramah, atau mencoba untuk tidak berkata kasar.

Supaya glow up kamu tidak hanya seputar skin care, yuk kita sama-sama tahan emosi untuk tidak berkata kasar, baik secara langsung maupun saat mengomentari postingan yang kamu tidak setujui. Mungkin rasanya sulit sekali untuk melepas kebiasaan buruk yang satu ini. Tapi dengan perlahan, pasti kamu bisa kok membangun kebiasaan baru ini. 

Imbangi glow up-mu dengan menjaga kesehatan mental | Photo by tatiana via www.pexels.com

Menjaga kesehatan mental

Nah, supaya glow up kamu makin plus-plus luar dan dalam, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental juga ya, Sobat GenZ. Dengan menjaga kesehatan mental, kamu jadi lebih siap untuk menghadapi sebuah kritikan, hinaan, atau masalah yang sedang kamu hadapi. 

 

Sebenernya yang bisa mengukur glow up kamu berhasil atau tidak itu apa ya? Apakah dari wajah yang berseri bisa jadi tolak ukur keberhasilan kamu? Oh, tentu saja bukan cuma itu. Merawat diri dengan menggunakan skin care boleh-boleh saja kok Sobat GenZ, tapi lengkapi juga dengan kualitas pribadi kamu. Semoga glow up kamu berhasil! Ganbatte!

 

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya