Hayo… Kalian udah tahu belum kalau Indonesia kemarin merayakan yang namanya Hari Keluarga Nasional / Harganas?

Indonesia tuh punya perayaan khusus buat hari keluarga yang namanya Hari Keluarga Nasional atau Harganas. Nah Harganas ini diperingati setiap tanggal 29 Juni tiap tahunnya. Dan tahun ini perayaannya dipusatkan di kota Banjarbaru, Provisinsi Kalimantan Selatan, pada tanggal 4-6 Juli 2019.

Seneng deh kemarin Dokter Gen Z berkesempatan ikut perayaan Harganas bareng PIK-R. Nggak rugi karena ternyata acaranya meriah dan keren banget!

Banyak banget stand pameran dari berbagai kelompok kayak dari Kementerian, BKKBN seluruh Indonesia, BUMN-BUMD sampai dari UKM juga ada

Dokter Gen Z sempet jalan-jalan keliling stan nih pas hari H acara. Di sana banyak banget stan pameran. Mulai dari yang resmi kelembagaan sampai pameran produk dari UKM seluruh Indonesia dan produk-produk unggulan hasil karya para Kader PKK di 34 Provinsi Indonesia.

Nah salah satu yang menarik perhatian tentu stan punya BKKBN yang ada live music-nya hehe. Oh iya, sama stan PIK-R yang punya media informasi soal masalah remaja juga nggak kalah menarik lho. Plus di sana juga tempat mangkalnya Dokter Gen Z, sih. Terima kasih banyak teman-teman PIK-R Hehehe.

Acara kemarin dibuka secara langsung oleh Ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)

“Kegiatan ini dapat mempertemukan dua unsur manajemen, yakni manajemen pembangunan dan pemerintahan. Karena pada hakekatnya, pembangunan keluarga merupakan komponen utama dalam manajemen pembangunan nasional, sekaligus kunci terhadap manajemen pemerintahan. Jadi pameran dan gelar dagang ini mencerminkan adanya koordinasi di antara keduanya,” ujar Ibu Erni, Kamis (4/7/2019).

Dari potongan pidato Ibu Erni di atas, kita harus sadar bahwa keluarga itu hal yang penting banget. Sama kayak poin penting di Film Keluarga Cemara yang selalu bilang bahwa “Harta yang paling berharga adalah keluarga”. Karena itu penting banget untuk membangun pondasi keluarga yang baik dan kokoh. Kalau keluarga di rumah bisa berfungsi dengan baik, kamu juga jadi punya support system positif yang selalu bisa diandalkan~

Pada prinsipnya, keluarga menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga. Baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Keluarga juga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam bermasyarakat.

Karena itu momen Harganas ini penting untuk dirayakan tiap tahun. Biar kita selalu diingatkan bagaimana peran keluarga yang seharusnya dan betapa pentingnya keluarga bagi kita.

Apalagi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani juga memberikan sambutan yang ngena soal pentingnya peran aktif seluruh anggota keluarga:

“Untuk dapat membangun keluarga dan kependudukan Indonesia, dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga Indonesia, keluarga yang tenteram, sejahtera, dan berbudaya,”

Nah demi mewujudkan tagline perayaan Harganas 2019 “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”, yuk kita sama-sama jaga peran keluarga.

Sebagai anak, ayo kita laksanakan kewajiban dan hak kita. Nah sebagai remaja, ayo kita pikir matang-matang dulu dan mempersiapkan segalanya dengan baik dulu sebelum nantinya memutuskan mau berkeluarga. Kan kalau semuanya terencana dengan baik, kamu yang menjalani juga jadi lebih nyaman~

Btw, selamat merayakan Hari Keluarga Nasional bersama keluarga masing-masing, ya~

  • 54
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya