Sobat GenZ yang laki-laki nih, selama ini pernah nggak meluangkan waktu khusus untuk mencari tahu tentang cara menjaga kebersihan dan kesehatan penis?

“Yang penting kan kalau mandi dibersihin, terus habis buang air kecil juga dibasuh pakai air, masa masih kurang?”.

Nggak cuma itu yah Sobat GenZ! Ternyata ada beberapa hal lain yang harus kamu tahu seputar menjaga kebersihan dan kesehatan penis. Penting banget untuk kamu tahu dan praktekkan karena bisa berpengaruh pada kenyamanan saat buang air kecil, kemampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi, berpengaruh juga pada kesuburan, sampai dengan menghindari penyakit  yang bisa menyerang penis. Banyak banget kan manfaatnya? Makanya sekarang yuk disimak cara menjaga kebersihan dan kesehatan penis ala Dokter GenZ.

Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang penis

Cuci tangan | Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Yuk mulai dibiasakan cuci tangan sebelum memegang penis dari sekarang. Kita nggak tahu kuman dan bakteri apa yang menempel pada tangan kita yang mungkin saja bisa mengganggu kesehatan penis.  Selain itu, mencuci tangan sesudah memegang penis atau buang air kecil juga penting untuk meminimalisir kuman dan bakteri yang masih menempel selama buang air kecil.

Mencuci penis setiap hari

Dicuci setiap mandi | Photo by Sachith Hettigodage from Pexels

Penting untuk mencuci penis setiap hari dengan benar dan bersih untuk menghindari penumpukan smegma, zat berminyak dan berbau di bawah kulup. Jika smegma menumpuk, hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pada kulit di sekitarnya. Kondisi ini bisa menjadi penyebab balanitis, suatu kondisi di mana kepala penis menjadi merah dan meradang. 

Membersihkan area kelamin bisa dilakukan saat mandi agar lebih praktis. Berikut cara-caranya:

  1. Bersihkan bawah kulup, kepala penis dan batang penis. Pastikan jangan menggosok area sensitif ini.
  2. Bersihkan pula area selangkangan, skrotum (biji pelir) dan perineum (bagian antara skrotum dan anus) untuk menghindari penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan bau. 
  3. Tidak dianjurkan menggunakan sabun terlalu banyak karena bisa mengakibatkan iritasi di kulit penis. 
  4. Keringkan penis dengan handuk bersih atau tisu. Pastikan sudah dalam keadaan kering sebelum memakai celana dalam.

Mengganti celana dalam setiap hari

Pastikan kering dan bersih | Photo created by mrsiraphol – www.freepik.com

Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan memakai celana dalam yang sama lebih dari sehari ya. Pastikan juga celana dalam yang akan dipakai sudah dicuci dengan bersih dan kering sebelum dipakai. Kalau area kelamin lembab, hal ini bisa menjadi lahan subur untuk bakteri berkembangbiak.

Hindari celana dalam ketat

Celana dalam dan celana luar baiknya tidak ketat | Photo by fauxels from Pexels

Selain tidak nyaman saat beraktivitas, celana dalam yang ketat juga bisa mempengaruhi kesuburan pria loh. Terdapat dugaan bahwa sperma yang berkualitas didapat dari suhu testis yang lebih rendah dari suhu tubuh, itu sebabnya testis ada di luar rongga badan agar suhunya tetap rendah atau dingin. Nah, kalau Sobat GenZ memakai celana dalam yang ketat maka akan menaikkan suhu yang ada di sekitar penis dan testis atau menjadi lebih panas. Nggak cuma celana dalam, celana luar pun juga disarankan untuk memakai yang longgar.

Menggunakan kondom saat berhubungan seksual

Perlu perlindungan ekstra | Photo created by drobotdean – www.freepik.com

Cara ini dilakukan untuk menghindari terkena penyakit tertentu yang bisa ditularkan saat berhubungan seksual seperti IMS (infeksi menular seksual). Kamu perlu baca artikel ini agar penggunaan kondom bisa efektif untuk melindungi kesehatanmu.

Melakukan pemeriksaan secara rutin

Pergi ke layanan kesehatan biar lebih tahu | credit: Deposit Photos via id.depositphotos.com

Untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh, khususnya mengenai kesehatan organ reproduksi, bisa dilakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin. Jika memang tidak memungkinkan untuk melakukannya dengan rutin, paling tidak ketika ada keluhan tertentu segera periksakan ke dokter.

 

Dari enam poin di atas, mana yang sudah kamu lakukan? Semoga informasi kali ini bisa semakin membuka wawasan kamu seputar kesehatan penis ya! Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan dan peka dengan apa yang terjadi pada tubuh. Kalau bukan diri sendiri, lalu siapa lagi?

 

Referensi :

  • 11
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya