Saat ngobrol dengan orang lain, kadang kita mengucapkan kalimat yang kurang pas. Niatnya pengen blak-blakan atau cuma bercanda, tapi malah justru bikin sakit hati lawan bicara.

Memang sih, kadang suka nggak sadar udah ngucapin kalimat-kalimat yang sebenarnya bikin orang lain sakit hati. Apalagi kalau sudah bawa-bawa fisik. Ini hal sensitif lho. Yuk, lebih hati-hati dalam berbicara, caranya dengan menghindari hal-hal sensitif ini ya~ 

Berat Badan

Tahu nggak sih, soal berat badan itu sensitif banget lo. Maka jangan pernah kamu bilang, “Eh, gendutan ya sekarang?” ke temanmu yang udah lama nggak ketemu tapi makin berisi aja badannya. Komentar ini jelas bikin dia tersinggung dan makin nggak PD sama penampilannya. Baiknya sih tanya kabar dia secara umum apakah temenmu yang disapa itu baik-baik saja. Karena bertambahnya berat badan kadang merupakan pertanda stress, problem pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

Kita memang perlu mengusahakan berat badan ideal demi kesehatan. Siapa tau sebenernya temenmu lagi punya masalah yang kamu bisa bantu.

Masalah Kulit

Hal lain yang sering bikin tersinggung adalah masalah kulit. Kita semua tahu dong, kalau jenis kulit tiap orang berbeda tergantung pada banyak hal seperti genetik, sistem kekebalan tubuh, alergi, iritasi atau beberapa penyakit lain. Kalau kamu cenderung orang yang bebas dari masalah kulit, maka kamu adalah orang yang beruntung banget!

Setiap orang memiliki ketidaksempurnaan tapi juga tentu punya banyak kelebihan. Daripada fokus sama jerawatnya orang lain mendingan pikirin apa yang bikin mereka jadi cantik. Kalo kamu tergoda untuk komentar soal kulitnya, maka berkomentarlah yang positif. Atau mungkin kamu bisa kasih saran aja biar dia lebih perhatian ke kondisi kulitnya.

Gaya Rambut

Tiap orang punya preferensinya masing-masing, karena ini terkait dengan hak untuk mengekspresikan diri  dalam hal penampilan termasuk melalui gaya rambut kesukaan. Kalaupun kamug gak terlalu suka dengan gaya rambut barunya temenmu, tahan diri untuk tidak berkomentar negatifve. Carilah komentar yang netral, kayak “eh kok tumben kamu tampil beda,”. Gimana pun itu rambut mereka dan merekalah yang mengalami dan mengurusnya, bukan kamu. Lagian rambut itu kan bakal tumbuh lagi.

Warna Kulit

Nah, perihal warna kulit juga penting banget untuk nggak dikomentari. Sama halnya kayak jenis kulit, warna kulit masing-masing orang juga berbeda. Bukan cuma dianggap mengejek, kamu bahkan bisa dibilang rasis kalau kamu mengomentari lawan bicara yang punya kulit yang gelap atau mungkin putih banget. Berkomentar negatif soal warna kulit bisa melukai rasa percaya diri orang lain, menegaskan stereotyping, dan menyakiti orang lain dengan menilai berdasarkan warna kulit mereka. Kecantikan itu beragam dan semua warna kulit itu cantik.

Badan Pendek

Soal tinggi badan itu merupakan pengaruh bawaan lahir dan karena itu bukan sesuatu yang bisa kamu ubah. Berbadan pendek bukanlah suatu kondisi yang memerlukan pertolongan dan ini terkait keadaan fisik yang menjadi bagian dari diri seseorang dan sama sekali bukan sesuatu yang buruk.

 

Komentar tentang ketidaksempurnaan tubuh seseorang sangat tidak disarankan. Mungkin kamu bercanda, tapi yang dikomentarin bakal ngerasa “sakitnya tuh disini”. Yuk belajar untuk menghargai satu sama lain dan lebih menghargai hal yang positif.

 

Artikel ini sudah melalui tahap review dr.Fransisca Handy, SpA

  • 3.7K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya