Di artikel kemarin kita udah bahas apa itu social distancing. Nah selain social distancing, ada kata lain yang juga sering kita baca di media sosial atau kanal-kanal berita, yaitu lockdown. Kalau social distancing adalah beraktivitas di dalam rumah aja atau mengurangi kontak dan interaksi, maka lockdown ini sedikit lebih ekstrem dari itu. 

Istilah lockdown sendiri biasanya diberlakukan pada kondisi genting yang mana kita akan lebih aman kalau menetap dalam rumah, gedung, atau suatu wilayah. Dalam kondisi lockdown orang-orang nggak boleh meninggalkan tempat yang di-lockdown atau bepergian secara bebas saat situasi lockdown terjadi. Lockdown juga bisa diterapkan jika ada ancaman bom, peperangan, atau keadaan lain yang membahayakan seperti penembakan. Jadi nggak cuma karena virus atau wabah penyakit aja. 

Nah kalau menurut Mendagri Tito Karnavian, dalam hukum Indonesia (UU No. 6 Tahun 2018) istilah lockdown mengacu pada karantina wilayah, satu dari empat bentuk karantina kesehatan. Kuy kita liat penjelasan masing-masing bentuk karantina!

Dalam UU No. 6 Tahun 2018 tersebut proses karantina terdiri dari beberapa tahapan:

  1. Karantina rumah yakni pembatasan penghuni dalam satu rumah supaya tidak menyebar. 
  2. Karantina rumah sakit adalah pembatasan seseorang yang diduga terinfeksi penyakit menular dalam rumah sakit.
  3. Karantina wilayah bisa dipahami sebagai pembatasan penduduk dalam satu wilayah yang diduga terinfeksi supaya tidak keluar atau masuk wilayah. Sehingga penyebaran penyakit bisa dikendalikan.  
  4. Pembatasan sosial berskala besar yakni penduduk yang diduga terkontaminasi dalam suatu wilayah dibatasi untuk melakukan kegiatan. 

Selain itu, ada beberapa istilah lain yang baru kita dengar lho. Nah biar kita bisa memahami informasi yang beredar di media dengan lebih baik, yuk kita pahami istilah-istilah yang sering muncul dalam pemberitaan kasus COVID-19 di bawah ini.

Setelah paham istilah-istilah di atas, kan rasanya jadi lebih mudah mencerna berita-berita soal COVID-19 ini. Nah kira-kira kamu masih ada istilah yang masih belum paham, nggak? Kalau ada, cus deh tanya aja di kolom komentar~

  • 5
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya