Ketertarikan sama seseorang itu emang nggak bisa diperkirakan kapan datangnya. Kadang-kadang rasa tertarik itu nge-prank begitu aja, ngagetin dan nggak terduga deh! Awalnya kamu menemukan accountnya di Explore IG. Lucu juga nih, pikirmu. Tanpa pikir panjang, kamu follow dia, nge-love postingannya, terus DM-DM an deh 🙂

Yup, pesatnya perkembangan sosial media emang mengubah banyak hal dari hidup kita. Dari sosmed, kamu bisa dapat teman dan komunitas baru. Searching hashtag bisa membawamu ke produk terkurasi yang nggak pernah kamu tahu ada sebelumnya. Ngebuka akun supaya bisa di follow siapapun juga bisa bikin orang tertarik buat kenal kamu lebih deket. 

Kalau kenalan sama orang di dunia nyata itu ada aturannya, membuka diri buat kenal sama orang baru via sosial media juga ada seninya. Ini beberapa checklist yang bisa aku share sama kalian:

1. Filter orang dengan skimming postingannya

Kalau ketemu orang di dunia nyata, kamu bisa tahu gimana orang ini dengan memperhatikan bahasa tubuh dan cara bicaranya. Nah, gimana kalau kamu kenalan di dunia maya? Salah satu cara yang bisa kamu skimming postingan dan aktivitasnya. Apabila orang tersebut menunjukkan indikasi yang kurang baik, misal, terlalu banyak mengeluh, posting ujaran kebencian atau memposting sesuatu yang membuat kamu nggak nyaman, maka lebih baik menghindar aja.

2. Tahan diri buat nggak memberi informasi terlalu banyak. Sesuka apapun kamu

Hal ini sebenarnya cukup simpel, tapi kadang kita susah menahan diri kalau obrolannya udah mulai seru. Hindari obrolan mengenai informasi personal. Seperti kondisi rumah (apakah orangtuamu lagi di rumah atau nggak), berapa saudaramu, dan les apa yang aja yang kamu ikuti. 

Karena informasi ini bisa dengan mudah disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab.

3. Hindari memberikan foto yang mengandung data identitas personal

Kadang, karena merasa “Aaahhhh……cuma foto doang..” kita bisa dengan mudah mengirimkannya ke orang yang baru dikenal. Padahal, foto kasual kita bisa mengandung data personal yang nggak segampang itu boleh dikasih ke orang asing. Contohnya nih, foto di depan rumah yang kelihatan nomor rumah dan lingkungan sekitar rumahmu. Foto di depan mobil dengan plat nomor yang terlihat jelas juga sebaiknya nggak kamu bagikan. Terlebih fotomu bersama dokumen pribadi seperti kartu pelajar, KTP, paspor dan buku tabungan. 

Kalau sampai orang yang baru kamu kenal di sosial media meminta foto macam ini. Lebih baik tolak saja.

4. Ganti password media sosial secara rutin demi keamanan akunmu

Kamu wajib hati-hati kalau berinteraksi dengan orang di media sosial. Siapa tahu ternyata dia pengen meretas akunmu kan? Nah salah satu langkah preventif yang bisa kamu coba adalah dengan rutin mengganti password media sosialmu secara berkala.

5. Sebelum kamu yakin banget sama dia, nggak ada salahnya cari informasi soal teman barumu ini di dunia nyata

Kalau kamu udah merasa klik dan yakin mau ketemuan sama dia, bakal lebih aman kalau kamu tahu informasi dasar soal teman barumu ini. Yang simpel-simpel aja. Lihatlah daftar pertemanannya, amati interaksinya sama temen-temennya.

Gunakan informasi dari hasil pengamatamu untuk membuktikan apakah selama ini dia memberikanmu informasi yang benar. Setelah ketemuan, kamu juga bisa follow dan kenalan sama temen-temen di circlenya. Sapa mereka dengan sopan dan jadikan mereka teman barumu juga di dunia maya. Dengan begini kalian bisa lebih gampang lagi nyambung .

6. Kalau mau ketemuan buat pertama kali, usulkan aja buat ketemuan di tempat umum yang ramai

Jika kalian punya rencana buat ketemuan untuk pertama kali, pastikan kalian nggak ketemuan di tempat yang sepi. Mendingan ajak dia buat ketemuan di mall, café, co-working space atau di tempat hangout lain favoritmu. Nggak ada salahnya juga kamu mengajak teman atau saudaramu buat menemani. Tujuannya tentu supaya kamu merasa lebih tenang dan keamananmu juga terjaga!

Dokter Gen Z pernah membahas lebih detil soal ketemuan sama temen online pertama kali. Kalau mau tahu lebih banyak hacks buat ketemuan aman sama temen online barumu, cek aja di artikel ini ya!

Membuka hati sama orang yang belum pernah kita temui mesti membuat kita berkali-kali lipat lebih hati-hati. Kalau kamu mau membuka diri buat kenal lebih jauh via sosial media, semoga tips dari aku ini bisa membuatmu lebih waspada ya!

 

Selamat bersenang-senang, tapi jangan lupa juga tetap jaga privasi dan keamanan 🙂

  • 13.7K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya