Hayo, seberapa sering nih Sobat Gen Z mengecek timbangan? Demi mewujudkan bentuk tubuh yang ideal, seringkali membuat kamu gegabah untuk memutuskan program diet dengan mengikuti tren yang ada. Mulai dari diet keto, diet vegan, hingga diet paleo udah dicoba,  namun berat badan tak kunjung turun. Emang sih, menurunkan atau menaikan berat badan bukanlah perkara yang mudah. Kudu dilakukan secara konsisten dan bersabar. 

Tapi kamu juga perlu waspada, Sobat GenZ. Salah-salah, diet sembarangan malah menyebabkan kamu mengalami eating disorders atau gangguan makan. Oiya, Sobat GenZ udah pernah dengar belum apa itu eating disorders? Nah, Dokter Gen Z bakal kasih tahu kamu nih mengenai eating disorders yang bisa saja menghantui program dietmu. Simak baik-baik ya!

Apa itu eating disorders

Eating disorders adalah gangguan makan yang bisa membuat kamu membatasi asupan makanan ataupun membuat kamu makan secara berlebihan. Gangguan ini bisa terjadi pada usia berapapun, baik laki-laki maupun perempuan, meskipun perempuan lebih sering mengalaminya. Penyebab eating disorder dapat dirasakan saat mengalami tekanan untuk menjadi kurus atau gemuk. Faktor ini bisa disebabkan oleh:

  • Tuntutan profesi 
  • Ejekan dari orang sekitar
  • Tidak puas dengan bentuk tubuhnya
  • Depresi 
  • Masa pubertas
  • Diet yang ketat

Gejalanya seperti apa? 

Eating disorders dapat didiagnosis oleh dokter medis atau ahli kesehatan mental dengan memperhatikan gejala berikut ini 

1. Bulimia Nervosa 

Merupakan gangguan makan yang membuat seseorang ingin segera membuang makanan yang telah dikonsumsinya dengan cara yang tidak sehat seperti memuntahkannya kembali atau berolahraga secara berlebihan. Perilaku ini didorong oleh rasa takut akan berat badannya naik.

2. Anoreksia Nervosa 

Merupakan gangguan makan yang menyebabkan seseorang membatasi jumlah asupan kalori yang ingin dimakan dan menghindari jenis makanan tertentu. Perilaku ini ditandai dengan terus-menerus mengecek timbangan sehingga menyebabkan berat badannya turun tanpa disadari bahwa dirinya telah kurus. 

3. Binge Eating Disorder 

Merupakan gangguan makan secara berlebihan dalam porsi banyak sehingga penderita sering kali kehilangan kendali saat makan. Akibatnya seseorang dengan gangguan makan seperti ini akan mengalami peningkatan berat badan atau obesitas. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mencegah eating disorder yang bisa jadi menghantui program dietmu, Dokter GenZ punya tips nih supaya kamu bisa menjalani program diet dengan sehat dan bahagia.

Atur pola makanmu 

Jaga pola makanmu ya! | Image by Dokter GenZ

Perjalanan diet tentu tak pernah luput dari aturan pola makan. Dengan konsep “piring makanku” yang terdiri dari buah, sayur, protein dan karbohidrat sehingga dapat mencukupi jumlah kalori yang tubuhmu butuhkan. Tahan diri untuk ngemil agar asupan nutrisi tidak berlebihan.

Ukur berat badan sebelum memulai program diet

Begini caranya menentukan berat badan ideal | Image by Dokter GenZ

Supaya program diet yang kamu jalankan berhasil dan terarah, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu berat badan yang ideal untuk tubuhmu dengan cara menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Cara menghitungnya bisa lihat gambar di atas yah! Dengan mengetahui IMT, kamu jadi tahu target berat badan yang sehat untuk kamu raih selama program dietmu.

Imbangi dengan olahraga

Manfaatkan waktu luangmu dengan berolahraga | Photo by ketut subiyanto via www.pexels.com

Selain memperhatikan asupan nutrisi, program diet juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. Aktivitas fisik yang tepat bisa membuat tubuh menjadi bugar dan juga bisa menurunkan berat badanmu secara alami.

 

Ingat ya Sobat GenZ, sebelum menjalani program diet sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting banget loh supaya program diet yang kamu jalani nantinya optimal dan terhindar dari gejala eating disorders atau gangguan makan. Semangat untuk kamu!

 

Referensi: 

 

  • 18
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya