Dalam menjalani kehidupan pasti Sobat GenZ pernah mengalami berbagai macam permasalahan. Mulai dari masalah percintaan, tekanan pekerjaan, hingga tuntutan tugas yang tak kunjung selesai. Entah itu termasuk dalam permasalahan kecil ataupun besar tergantung bagaimana kamu menyikapinya. Suka atau tidak permasalahan akan selalu datang menghampirimu. Bisa jadi tekanan-tekanan ini membuat kamu mengalami berbagai gangguan kesehatan mental, seperti stres, kecemasan, hingga depresi.

Dalam ilmu psikologi kognitif, pemecahan masalah mengacu pada proses mental seseorang dalam menemukan sumber permasalahan, memahami permasalahannya, menganalisa solusi yang tepat, dan mengambil tindakan untuk menemukan jalan keluar terhadap suatu masalah. 

Bagaimana cara menyikapi suatu permasalahan

Menghadapi sebuah permasalahan itu bukan hanya dari segi ketahanan fisik saja lho Sobat GenZ, namun perlu diperhatikan juga dari ketahanan mental. Kira-kira kamu termasuk dalam kategori yang mana nih dalam menyikapi suatu permasalahan?

Photo by RODNAE Productions from Pexels

  • Pantang menyerah 

Memang menyelesaikan sebuah masalah itu tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi bila kamu terus mencari solusi yang tepat dengan begitu kamu akan menemukan jalan keluarnya dan terbebas dari tekanan. 

Misalnya, ketika kamu mengalami kesulitan dalam mengerjakan sebuah tugas yang diberikan oleh guru atau dosen, tidak serta merta membuatmu untuk menyerah begitu saja, akan tetapi mencari solusi untuk menyelesaikan tugas dengan semaksimal mungkin dan tentu saja hal ini bisa meningkatkan rasa bangga terhadap dirimu jika kamu telah berhasil menyelesaikan sebuah permasalahan. 

  • Mudah menyerah

Sebuah gambaran bagi seseorang yang memilih untuk lari dari masalah dan menyerah begitu saja, ketimbang mencari solusi yang tepat untuk menemukan jalan keluar terhadap permasalahan yang sedang dihadapinya. 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., selalu lari dari masalah itu tidak baik jika dilakukan secara terus-menerus. Kenapa? Karena sumber masalah atau tekanan akan tetap ada. Orang tersebut biasanya akan mencari cara atau alasan supaya tetap menghindari tekanan.

Misalnya ketika kamu sedang mengalami sebuah permasalahan dalam hubungan entah itu dengan teman ataupun pasangan. Bila tidak cepat diselesaikan malah bisa menimbulkan permasalahan baru loh.  Tapi, tenang! berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mengalami suatu masalah. 

Cara membangun ketahanan mental 

Dengan membangun ketahanan mental diharapkan dirimu bisa menjadi lebih tangguh dalam menjalani sebuah permasalahan. Untuk itu Dokter GenZ akan berikan beberapa tips dalam membangun ketahanan mental untuk menjadikanmu lebih tangguh dan pantang menyerah. 

Segera bangkit dari permasalahan yang ada! | Photo by allan mas via www.pexels.com

1. Melihat sisi positif

Supaya kamu tidak terjebak dalam emosi negatif saat menghadapi masalah, cobalah tenangkan dirimu terlebih dahulu dan jernihkan pikiran untuk melihat sisi positif dari suatu permasalahan. Jadikan masalah tersebut seperti tantangan yang akan mendorong kamu untuk lebih baik lagi.

2. Mengelola masalah

Saat menghadapi suatu masalah bisa saja membuat dirimu kewalahan. Sambil menunggu solusi yang tepat, cobalah untuk  mengelola masalah tersebut dengan cara berolahraga, tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang sehat supaya pikiran menjadi lebih tenang dan bisa mengurangi tingkat stres dari suatu permasalahan. 

3. Mencari dukungan

Walaupun sudah mencoba berbagai macam solusi namun tak kunjung tuntas masalahmu, tenang! Kamu nggak sendirian kok. Cobalah untuk mencari seseorang yang dapat memberikanmu dukungan.

 

Sobat GenZ, ternyata ketahanan mental bisa berpengaruh ya dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Tergantung bagaimana kamu dalam memilihnya saat menghadapi sebuah permasalahan. Nah, jika kamu mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah, sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu kepada psikolog untuk menemukan solusi yang tepat. Kamu juga bisa loh konseling dengan konselor Dokter GenZ yang siap sedia jadi teman baikmu. Stay tune di Instagram untuk update-nya yah!

 

Referensi : 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya