Semua orang pasti ada aja kebiasaan buruknya, termasuk kamu nggak nih Sobat GenZ? Terkadang kebiasaan buruk itu tidak kita sadari sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.  Misalnya, telat bangun pagi, suka menunda-nunda, dan scrolling Instagram sampai lupa waktu. Hmm.. kalau dibiarkan, kebiasaan buruk seperti ini bisa saja menghambat kita untuk mencapai kesuksesan loh. Tentunya ini enggak bisa dibiarin kan? 

Artikel kali ini khusus untuk kamu kamu yang mau serius menghilangkan kebiasaan buruk. Rumusnya 3R (Reminder, Routine, Reward).

Reminder (pengingat)

Cari tahu kebiasaanmu | Photo created by azerbaijan_stockers – www.freepik.com

Sebagai langkah pertama, luangkan waktu untuk mencari tahu kebiasaan burukmu. Perhatikan hal-hal seperti:

  • Di mana perilaku kebiasaan burukmu terjadi?
  • Kapan kebiasaan burukmu muncul?
  • Bagaimana perasaanmu saat kebiasaan buruk itu terjadi?
  • Apakah ada orang lain yang terlibat atau terdampak?

Misalnya kamu sering main media sosial sampai lupa waktu. Setelah dipikir-pikir, ternyata kamu lebih sering pegang gadget sebelum tidur. Karena lupa waktu, akhirnya bangun paginya jadi telat deh. Akibatnya selain badanmu nggak kerasa bugar, orang tua kamu jadi sering ngomel-ngomel!

Jika sudah berhasil menjawab pertanyaan di atas, sekarang saatnya kamu berpikir kenapa kamu ingin menghilangkan kebiasaan buruk itu. Apakah kamu ingin orang tuamu nggak ngomel-ngomel lagi tiap pagi? Atau kamu pengen punya waktu tidur cukup dan merasa lebih sehat? 

Luangkan waktu untuk memikirkan alasan kenapa kamu ingin menghentikan kebiasaan itu sertamanfaat apa yang akan kamu dapat karenanya. Untuk motivasi tambahan, tulis alasanmu itu di selembar kertas dan tempel di tempat yang sering kamu lihat.

Routine (rutinitas)

Konsisten adalah koentji | Photo created by freepik – www.freepik.com

Ubah kebiasaan buruk dimulai dari hal-hal kecil dan jadikan ini sebuah rutinitas. Fokus lakukan secara konsisten hingga kebiasaan burukmu hilang. Misalnya kamu ingin bangun lebih pagi dengan badan yang bugar. Setelah tahu penyebabnya adalah main medsos sampai lupa waktu, jadi usahakan untuk menjauhkan gadget dari tempat tidurmu. Batasi penggunaan gadget hingga beberapa waktu sebelum tidur, dan lakukan kegiatan lain yang membuatmu cepat mengantuk.

Kamu punya banyak kebiasaan buruk? Tenang, jangan langsung dilibas semuanya! Lakukan satu persatu agar kamu bisa lebih fokus. Baru ketika selesai dengan satu kebiasaan, ganti dengan target kebiasaan lainnya.

Reward (penghargaan)

Terima kasih, aku! | Photo created by azerbaijan_stockers – www.freepik.com

Menghentikan kebiasaan buruk bisa jadi sangat sulit karena kita sudah terbiasa dengan hal itu. So, buat tujuan yang realistis dan pantau perkembanganmu. Dengan melihat catatan perkembangan, kamu bisa melihat bagaimana kamu telah bergerak maju. Mengapresiasi diri sendiri nggak ada salahnya! Beri dirimu ucapan terima kasih atau hadiah atas pencapaianmu. Hal seperti ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan dorongan dalam diri untuk terus mencoba berubah lebih baik lagi.

 

Cara diatas bisa banget kamu gunakan untuk mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang lebih baik. Rumusnya sih simpel, tapi eksekusinya itu tergantung seberapa serius kamu untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang kamu punya. Kalau kata pepatah Jawa, “alon-alon asal kelakon” alias slow but sure! Semangat ya, kamu pasti bisa!

 

Referensi:

  • 2
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya