Aku dan kamu dilahirkan untuk menjadi seorang manusia. Makhluk sosial yang tak pernah lepas dari perkataan maupun perbuatan baik dan buruk. Kadang kala tindakan seseorang dapat membekas di hati atau bahkan dapat mengganggu kesehatan mental, seperti tindakan bullying, pelecehan seksual, atau rasisme. Mengalami kejadian seperti ini bisa jadi dapat membuat kamu mengalami stres, depresi, atau bahkan mengisolasi diri dari lingkungan. Jika tidak segera bangkit, maka kamu bisa jadi rentan mengalami gangguan kesehatan mental. 

Menurut WHO atau World Health Organization, kesehatan mental adalah keadaan sejahtera dimana kamu dapat mengatasi tekanan hidup, jauh lebih produktif, dan mampu berkontribusi kepada lingkungan. Nah Dokter GenZ punya tips nih dalam menjaga kesehatan mental. Check this out!

Berdamai dengan masalah yang sedang kamu alami | Photo by rodolfo quiros via www.pexels.com

1. Tertawa

Tahukah kamu? Ternyata tertawa dapat meningkatkan hormon endorfin loh. Hormon ini dapat meredakan stres, depresi, dan segala emosi negatif lainya. Kamu bisa mencoba berkumpul dengan orang-orang yang menyenangkan, menonton komedi, dan membayangkan kejadian lucu yang pernah kamu alami. Tertawa bisa jadi salah satu cara berdamai dengan permasalahan yang sedang kamu hadapi dengan cara positif. 

Buatlah dirimu jatuh cinta pada diri sendiri | Photo by polina kovaleva via www.pexels.com

2. Kalimat-kalimat positif

Ubah sudut pandangmu terhadap suatu permasalahan untuk menghindari pikiran negatif. Cobalah untuk memberikan kalimat-kalimat positif terhadap dirimu, seperti “Aku mampu melewati hari ini”, “Aku sudah melakukan yang terbaik”, “Terima kasih ya diriku yang telah berjuang sampai saat ini”.

Dengan kegiatan positif dapat menimbulkan perasaan bahagia | Photo by rodnae production via www.pexels.com

3. Membantu orang lain 

Pernahkah kamu ikut merasa senang saat membantu orang lain? Ternyata ada penjelasannya loh. Hal ini dikarenakan pada saat kamu membantu orang lain dapat menimbulkan perasaan bahagia. Sehingga membuatmu semangat lagi dalam menjalani kehidupan. Lakukan hal-hal baik untuk dirimu maupun orang lain. 

 

Nah Sobat GenZ, walau sedang mengalami sebuah masalah, berkeluh kesah tidak akan menyelesaikannya. Prioritaskan kesehatan mentalmu, lalu segera bangkit dan kembali jalani hidup. Semangat!

 

Referensi:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya