Q&A kali ini akan membahas mengenai segala yang berhubungan dengan seksual. Keingintahuan tentang seks merupakan hal yang normal. Begitu juga munculnya sexual desire atau hasrat seksual karena rangsangan gambar, suara atau sentuhan, bahkan kadang rangsangan rasa dan bau. Tapi kamu harus mengerti dan memahami bahwa banyak hal penting yang harus dipertimbangkan mengenai seks. Kali ini dr. Sarah Muharomah dari Johns Hopkins Center for Communication Programs di Baltimore, Amerika Serikat secara personal akan coba untuk menjelaskan apa itu seks dan menjawab pertanyaan yang masuk ke tim redaksi.

1. Apa sih seks itu?

Kita dapat memahami seks dari dua sisi. Pertama, seks sebagai gender atau jenis kelamin (laki-laki dan perempuan). Sedangkan pemahaman kedua yakni seks sebagai aktivitas hubungan intim yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan seksual dan reproduksi. Aktivitas seksual sendiri memiliki banyak macam. Tapi pada umumnya, berhubungan seksual diartikan dengan kegiatan intercourse atau bersenggama. Kamu bisa membaca perbedaan antara seks, seksualitas,  dan gender disini.

2. Apa itu bersenggama (intercourse)?

Senggama atau intercourse juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Kita ambil contoh paling umum ya, yaitu vaginal intercourse atau senggama lewat vagina. Vaginal intercourse sendiri artinya adalah memasukkan alat kelamin laki-laki yakni penis ke vagina. Sedangkan vaginal intercourse tanpa kontrasepsi dapat menyebabkan kehamilan.

3. Apakah foreplay (ciuman, petting, dan lain-lain) termasuk berhubungan sex?

Secara definisi foreplay adalah aktivitas seksual, baik secara emosional atau fisik, yang bertujuan untuk meningkatkan gairah seksual dan biasanya dilakukan sebelum berhubungan seksual (senggama). Karena biasanya yang dimaksud berhubungan seks yakni memasukkan alat kelamin laki-laki ke vagina, maka secara teknis foreplay tidak termasuk dalam hubungan seks. Foreplay memiliki variasi yang sangat banyak dan biasanya tidak memiliki risiko kehamilan.

Beberapa contoh foreplay yang tidak berisiko menyebabkan kehamilan:

  • Berfantasi mengenai seks
  • Ciuman
  • Seks oral
  • Masturbasi dengan ejakulasi tidak di vagina atau area dekat vagina

Nah itu tadi beberapa pertanyaan yang masuk ke tim redaksi, eiiittttsss masih ada lanjutannya lho soal bagaimana Dokter Gen Z menjawab hal-hal seputar kesehatan reproduksi dan pertanyaan lain yang masuk. Jadi kalau kamu punya pertanyaan tapi malu buat tanya langsung, bisa kamu tanyain ke Dokter Gen Z lho. Ditunggu yaaaa….. :))

  • 106
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya