Mungkin selama ini kamu hanya tahu jika mimpi basah hanya dialami laki-laki. Tetapi sebenarnya perempuan bisa mengalaminya juga lho! Baru tahu? Nah, makanya yuk cari tahu lebih jauh mengenai mimpi basah pada perempuan.

Mimpi basah.. perempuan juga bisa?

Bukan cuma cowok | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ketika mencari mengenai mimpi basah di internet, mungkin kamu akan sulit menemukan artikel yang membahas mengenai mimpi basah pada perempuan. Seakan-akan mimpi basah hanya dialami oleh laki-laki saja. Tetapi sebenarnya perempuan pun bisa mengalaminya lho. Bahkan sebuah penelitian tahun 1986 menyebutkan 37% dari 245 responden perempuan pernah mengalami mimpi basah, dan 85% dari  mereka mengalaminya sebelum berusia 21 tahun.

Pada laki-laki, mimpi basah adalah peristiwa keluarnya sperma dari penis (ejakulasi) ketika tidur. Mereka  akan mengetahuinya ketika terbangun. Bekas sperma bisa mereka temukan pada celana atau sprei tempat tidur. Sementara pada perempuan, saat mimpi basah yang keluar adalah cairan vagina. 

Apa sih penyebab mimpi basah?  

Penyebab mimpi basah tidak selalu jelas | Photo by Pixabay from Pexels

Pada perempuan, ketika tidur ada lebih banyak aliran darah di sekitar vagina sehingga vagina menjadi sangat sensitif. Saat memimpikan sesuatu yang membuat terangsang, besar kemungkinan kamu mengalami orgasme dalam tidur. Meskipun begitu, tidak semua mimpi basah disebabkan karena mimpi erotis atau seksual. Bisa saja orgasme yang dialami ketika tidur disebabkan oleh gesekan tubuh dengan tempat tidur.

Mimpi basah tidak selalu disebabkan oleh alasan yang jelas. Tetapi jika mimpi basah sering terjadi, mungkin saja itu terjadi karena kebutuhan seksual tidak terpenuhi atau seseorang tidak mendapatkan orgasme bahkan setelah melakukan masturbasi. Selain itu, mimpi basah cenderung terjadi pada masa pubertas. Tidak seperti pada tubuh orang dewasa, hormon di dalam tubuh remaja belum stabil sehingga mimpi basah lebih mungkin terjadi.

Apakah normal mengalami mimpi basah bagi perempuan? 

Normal nggak ya? | Photo by Public Domain Pictures from Pexels

Mimpi basah adalah hal yang normal untuk dialami ketika tumbuh dewasa. Setiap orang memiliki frekuensi mimpi basah yang berbeda-beda. Beberapa remaja mungkin mengalami mimpi basah beberapa kali dalam 1 minggu, remaja lainnya mungkin hanya pernah mengalami beberapa kali selama hidup mereka. Tetapi tidak setiap remaja harus mengalami mimpi basah untuk menjadi dewasa.

Jika mengalami mimpi basah, apa yang harus aku lakukan?

Rajin bersih-bersih | Photo by cottonbro from Pexels

Kamu tidak perlu malu jika kamu mengalami mimpi basah. Jika kamu mengalami mimpi basah, lekaslah membersihkan tubuhmu setelah kamu bangun. Ganti seprai jika kasur menjadi basah karena cairan tubuh. Jika kamu mengalami mimpi basah membuatmu merasa tidak nyaman, bicaralah dengan seseorang yang bisa kamu percaya. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter, orang tua, atau konselor.

Apakah mimpi basah bisa dicegah dan dihentikan?

Mencoba berbagai posisi tidur | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Datangnya mimpi basah tidak bisa kamu kontrol.  Tetapi untuk saat ini, kamu bisa mencoba untuk mengurangi gesekan antara area vaginamu dengan tempat tidur. Cobalah untuk tidur pada satu sisi tubuh atau telentang.

 

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan jika mimpi basah pada perempuan itu sama normalnya dengan laki-laki. Kamu tidak perlu malu dan panik! Dan karena mimpi basah pada perempuan seringkali tidak meninggalkan bekas, rajin-rajinlah membersihkan diri dan tempat tidurmu. Jika mengalami mimpi basah membuatmu tidak nyaman, coba konsultasikan dengan tenaga kesehatan profesional atau orang dewasa yang bisa kamu percaya.

 

Referensi:

  • 17
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya