Hei ladies Sobat GenZ, pernahkah kamu denger kalau perempuan nggak boleh berenang saat menstruasi? Yang dibayangkan biasanya adalah darah menstruasi yang membuat kolam renang atau pantai jadi “merah” karena bocor. Nggak jarang dugaan ini membuat Sobat GenZ mengurungkan niat untuk berenang ketika menstruasi. Emangnya, itu mitos atau fakta ya? Simak penjelasan lengkap berikut ini untuk mengupas tuntas kekhawatiran Sobat GenZ untuk berenang saat menstruasi.

Khawatir darah menstruasi keluar saat berenang? 

The Access Project menjelaskan bahwa darah menstruasi tidak akan keluar jika kamu sedang berada di air. Lah kok bisa? Karena tekanan air di kolam renang atau pantai dapat menetralkan gravitasi darah yang keluar lewat vagina. Meskipun begitu, tekanan ini bisa berkurang saat kamu tertawa, batuk, atau bersin. Tapi nggak usah khawatir Sobat GenZ, kolam renang tidak akan berubah warna jadi merah kok karena sebenarnya hanya sedikit sekali darah menstruasi yang dilepaskan oleh tubuhmu.

Khawatir mengalami infeksi saat berenang?

Memang ada kemungkinan air yang mengandung kaporit di kolam renang menyebabkan infeksi jamur atau vaginosis bakteri. Namun tak perlu khawatir, dengan langsung membilas di air bersih yang mengalir kamu bisa mencegah infeksi pada vagina. 

Khawatir kram perut saat berenang?

Menstruasi yang menyakitkan diakibatkan oleh kontraksi pada rahim seperti, nyeri, sakit perut, dan kram perut. Berenang dapat membantu kamu mengurangi kram perut saat menstruasi karena tubuhmu akan menghasilkan endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami lho, Sobat GenZ. 

Selalu jaga kebersihan reproduksimu | Photo by laker via www.pexels.com

Solusi berenang saat kamu sedang menstruasi

Kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa berenang dengan menggunakan tampon atau menstrual cup untuk mengurangi darah menstruasi yang merembes keluar saat kamu berenang.

 

Saat menstruasi bukan berarti kamu untuk males-malesan ya. Kamu masih bisa berolahraga termasuk berenang meski dengan menggunakan tampon atau menstrual cup. Jangan lupa untuk selalu mengganti tampon atau menstrual cup setiap 4 jam sekali supaya kamu bisa berenang dengan aman tanpa perlu khawatir air kolam renang menjadi merah.

 

Referensi : 

  • 28
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya