Selama pandemi COVID-19, banyak banget informasi yang beredar baik yang benar maupun salah. Makanya kita harus hati-hati nih bila dapat informasi dari sumber yang tidak jelas, misalnya dari pesan berantai di Whatsapp. Kita harus mengecek dulu kebenaran berita tersebut apakah dari sumber yang terpecaya, tidak direkayasa, dan terbukti bisa dipertanggungjawabkan. Kalau nggak, jangan-jangan informasi tersebut cuma mitos seputar COVID-19 kan?

Nah Dokter Gen Z udah merangkum nih beberapa informasi yang salah alias cuma mitos seputar COVID-19 yang perlu kamu tahu. Simak ya!

Mandi air panas NGGAK BISA mencegah COVID-19

Menurut WHO mandi air panas bisa mencegah virus Corona adalah hoaks, alias berita bohong lho. Cara efektif cegah virus Corona ya dengan rajin cuci tangan pakai sabun setelah memegang benda umum dan jangan lupa ganti baju ketika sampai rumah setelah bepergian. 

Virus Corona NGGAK BISA ditularkan melalui udara yang panas dan dingin

Wah salah kaprah kan jadinya kalau ada info seperti ini langsung kita sebarkan, padahal belum tentu benar. Faktanya virus Corona alias 2019-nCoV yang bikin manusia tertular COVID-19 itu bisa menyebar baik di udara panas, lembab, maupun dingin.

Makan bawang NGGAK BISA bantu cegah tertular virus Corona

Bawang putih emang punya banyak manfaat untuk kesehatan, tapi nggak lantas bisa untuk melindungi diri dari COVID-19 ya. Cara melindungi diri yang tepat ya dengan menjaga jarak aman atau pembatasan sosial, cuci tangan dengan teratur, jaga kebersihan, dan pakai masker apabila harus keluar rumah.

Sekarang udah lebih tercerahkan bukan? Nggak semua berita atau info yang beredar selalu benar, bisa jadi beberapa diantaranya hanya mitos seputar COVID-19 lho. Kamu harus kritis dengan mengecek setiap informasi yang diterima, supaya bisa jadi agen hoax buster dan bantu pemerintah mengentikan persebaran berita bohong.

  • 1
    Share

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya