Kadang ketika dilanda kebosanan, kita butuh hal baru yang yang bisa membuat fresh pikiran. Nah biasanya, kita beralih ke bermain mobile games untuk menghilangkan kebosanan dan me-refresh pikiran. Ya gimana, mobile games kan emang seru dan nggak ribet kalau mau mainnya. Tinggal download terus main deh di smartphone kita. Sayangnya, kadang kita merasa keasyikan dan jadi lupa waktu. Hal itulah yang membuat stigma orang tentang games yang berpengaruh buruk pada karakter remaja saat ini.

Setiap games memang memiliki dampak yang negatif maupun positif. Nah yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir dampak negatif tentunya adalah dengan menyeleksi games yang kamu mainkan. Mainin aja games yang  mengasah otak agar mampu berpikir cepat. Kalau masih bingung games apa aja yang bisa kamu coba, beberapa games di bawah ini bisa jadi pilihan. Memang kelihatannya mudah, namun jangan kamu anggap remeh ya.. 

  • BRAIN IT ON

Desain bagus dan gameplay menarik jadi daya tarik utama game yang satu ini. Setiap levelnya memiliki perintah yang berbeda-beda, pada umumnya kamu akan disuruh untuk menggambar sesuatu agar misinya dapat selesai dan kamu bisa lanjut ke level setelahnya. Dalam permainan ini, ketepatan dalam menggambar objek yang kamu gambar adalah salah satu kunci utama untuk menyelesaikan misi.

  • MEKORAMA

Permainan ini dianggap oleh kebanyakan orang sebagai game yang membuat rileks, tapi sebenarnya adalah game yang cukup membingungkan. Cara mainnya adalah, pengguna harus mengasah otak dengan membantu robot kecil yang ada didalam game untuk membangun rumah dengan 50 diorama mekanik. Setiap level mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sudah barang tentu semakin tinggi levelmu, semakin tinggi juga tingkat kesulitannya. Udah siap dengan tantangannya?

  • 2048

Game ini pernah menduduki tangga teratas di GooglePlay Store. Meskipun game ini sudah cukup lama beredar, namun tetap eksis di dunia permainan digital. Cara mainnya sangat mudah, kamu hanya perlu menggeser box dengan angka didalamnya dan menyatukannya dengan angka yang sama, semakin banyak pergeserannya maka akan semakin tinggi pula angka dalam box dan skor yang didapatkan. Permainan ini sangat simple untuk dimainkan, tapi tetap pengguna harus menggunakan otak untuk memainkannya karena sebenarnya angka-angka tersebut adalah perpangkatan angka 2 dari matematika. 

  • UNBLOCK ME FREE

Seperti beberapa permainan diatas, Unblock Me Free memang terlihat sederhana, tapi coba dulu deh, kamu pasti akan merasa tertantang sama game yang satu ini. Cara main dari game ini adalah kamu harus mengeluarkan balok khusus yang berwarna merah keluar dari papan dengan cara menggeser sebuah balok lainnya agar tidak menghalangi balok merah tersebut. Game ini membutuhkan kecepatan tangan pengguna. Ada empat level dalam game ini dengan lebih dari 15.000 teka-teki yang bisa kamu pecahkan. Siap untuk mulai mengasah otak memecahkan semua teka-tekinya? 

  • QuizUP

Buat kamu yang pengen nambah wawasan dan pengetahuan, ada juga lho game yang bisa membantu. Namanya QuizUp! Game yang satu ini punya banyak banget pertanyaan trivia yang bisa kamu jawab. Topiknya pun banyak, ada lebih dari 1000 topik menarik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mulai dari memilih topik yang kamu suka atau kamu rasa jago, lalu coba eksplor topik lain biar pengetahuan dan wawasanmu berkembang. Setelah kamu memilih topik, kamu bisa mulai main game melawan orang-orang yang juga memainkan games ini. Gimana, tertarik mencari tahu seberapa luas wawasanmu?

 

Gimana, udah pernah nyobain game yang mana aja nih? Nyatanya, nggak semua game yang tersedia mengajarkan hal negatif dan berdampak buruk pada kehidupan. Beberapa mobile games di atas bisa melatih otak dan cukup refreshing juga untuk dimainkan.

Tapi tetap ya, alangkah baiknya kita memberi batasan waktu tiap kami bermain gadget. Biar nggak kecanduan dan jadi berlebihan gitu main games-nya. Biar semakin meminimalisir terpapar banyak efek negatifnya ya~

  • 11.1K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya