“Ah elah, mager banget dengerin orang tua, cerewet muluuuuu!”

Kemungkinan besar kamu pernah mikir gitu ya, tentang orang tuamu. Mungkin kamu capek dengerin nasihat orang tuamu tiap hari yang kayaknya itu-itu aja, dan bahkan kadang apa yang mereka bilang masuk kuping kiri keluar kuping kanan, tapi dalem lubuk hatimu yang paling dalam… kamu tahu bahwa nasihat mereka ada benernya juga. Nah, jadi ada baiknya untuk kamu mendengarkan mereka juga, ya.

Nih, Dokter Gen Z mau bahas beberapa nasihat-nasihat yang penting banget, kayak:

1.Ingat, “Banyak minum air putih, sehat itu mahal nak”

Banyak dari kita yang sering kelupaan minum air putih kalau lagi super sibuk. Nggak ada alesan spesifiknya sih, cuma nggak sempet aja gitu ya kan. Padahal kalo kamu kekurangan air putih banyak resiko buruknya. Selain jadi nggak fokus, gampang marah, kulit kamu juga jadi kering. Yang parahnya sih kurang minum air putih bisa merusak ginjal.

Kamu yang baca ini bisa ditebak lagi senyum-senyum sendiri dan merasa bersalah karena udah ngeremehin nasehat orangtua. Pada dasarnya, orangtuamu hanya ingin yang terbaik untuk anaknya. Mereka nggak mau kamu kenapa-napa karena kamu mengejar ambisimu atau nggak mikir panjang. Jadi, next time kalau denger nasihat orangtua yang terkesan cerewet, coba cerna dulu; siapa tahu, mereka memang benar?

2. “Jangan begadang dan tidur jangan malem-malem” demi kesehatan

Godaan untuk mengerjakan waktu di malam hari memang lebih menggiurkan. Koneksi internet yang lebih cepat, kondisi yang lebih kondusif dan minim gangguan membuatmu seringkali begadang untuk nyelesein sesuatu. Tapi jika keseringan, nggak baik lho buat kesehatan. Malam hari adalah waktu detoksifikasi tubuh. Kalo begadang terus, kamu jadi ngerusak waktu alamiah sistem tubuh.

3. “Rajin-Rajin Nabung Ya” itu bakalan sangat penting buat kamu 

Kata-kata “rajin nabung” ini  seringkali kamu denger ‘kan? Bukan dari orangtua aja, guru, sahabat bahkan kekasih hatimu. Mungkin waktu kecil kamu nggak ngerti apa artinya. Tapi… justru akhir-akhir ini pas jadi sobat misqueen, baru deh kepikiran sama nasihat orangtuamu dulu. Meskipun nabung itu emang sulit awalnya, tapi hasil yang kamu tuai nggak kamu duga lho. Kebiasaan ini juga berguna banget untuk nanti ketika kamu dewasa, di mana kamu akan bertanggung jawab atas uangmu sendiri. Rajin nabung ini keterampilan finansial yang paling dasar banget!

4. “Kerja keras boleh aja, tapi jangan lupa sama diri sendiri dan keluarga” bener-bener jleb!

Di saat ambisimu lagi menggebu untuk membuktikan diri, muncul pesan dari orangtuamu yang tak seperti biasanya. Bisa jadi, ketika orangtuamu mengatakan hal ini, sebenarnya mereka sedang merindukanmu. Cuma nggak mau bikin kamu kepikiran aja. Sempatkan waktu untuk memberi kabar kepada keluargamu, sekedar telepon atau videocall akan membuat keluargamu lega.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya