Sobat GenZ, akhirnya kita bisa ketemu lagi nih di bulan suci Ramadan. Bulan yang penuh berkah untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satunya dengan menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.

Udah nahan lapar seharian, bukan berarti kamu boleh makan segala menu sekaligus loh waktu berbuka. Itu sih kalap namanya! Bukannya sehat, bisa-bisa malah kamu mengalami overeating atau berlebihan makan yang berdampak pada kenaikan berat badanmu. Nah, Dokter GenZ bakal kasih tips nih biar nggak kalap waktu berbuka puasa, simak baik-baik ya!

Konsumsi makanan berserat

Memilih menu berbuka puasa yang kaya akan serat bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, seperti kurma, alpukat, apel, dan pisang. Eittss.. tunggu dulu. Walaupun pisang mengandung banyak serat, namun jika sudah diolah menjadi kolak pisang maka kadar gulanya akan jadi lebih tinggi. Kandungan gula pada kolak justru akan disimpan sebagai lemak di perut karena menurunnya produksi insulin sebagai pemecah gula menjadi energi. Jadi, tetap jangan berlebihan yah!

Minum air yang cukup

Ganti minuman kemasan tinggi gula dari menu berbuka puasamu dengan memperbanyak minum air setidaknya 8 gelas perhari dengan menggunakan rumus 2-4-2: 2 gelas saat sahur, 2 gelas ketika berbuka puasa, 2 gelas setelah Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur. Tidak hanya itu, minum air yang cukup juga bisa menunda laparmu loh. 

Jangan lupa olahraga

Dokter GenZ tuh sayang banget sama kamu. Buktinya DokterGenZ selalu mengingatkan betapa pentingnya olahraga hihihi. Tidak usah muluk-muluk dengan olahraga yang berat. Cukup dengan bersepeda, naik turun tangga, atau bisa juga jalan santai sambil melihat barang-barang diskonan (ups!) 

 

Sekali dayung dua pulau terlampaui, sekali puasa dua hal bisa kamu dapati. Selain mendapatkan pahala, kamu juga bisa sambil menjalankan diet sehat. So stay healthy ya, Sobat GenZ! Selamat menunaikan ibadah puasa! 

 

Referensi:

Hellosehat (2018). 4 Prinsip Wajib Kalau Mau Badan Tetap Sehat Saat Puasa

Sehatq. (2020). Buah Tinggi Serat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari.

Hellosehat (2019). Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa yang Efektif

Halodoc. (2019). Banyak Disajikan Saat Berbuka, Ternyata Ini Kalori Kolak Pisang 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya