“Uhuk… uhuk duh batuk gak sembuh-sembuh!”

“Wah jangan-jangan kena Covid-19 nih…”

Hayoooo pada tahu nggak ya soal virus yang kini sedang melanda banyak negara di dunia? Yak betul! Virus corona jenis baru atau Covid-19 udah masuk ke Indonesia nih. Korbannya juga makin nambah lho tiap hari. Lalu kira-kira sebenarnya pada tahu nggak sih penyakit ini menyerang organ apa? Gimana ya tanggapan teman-teman Gen Z soal ini? Kira-kira mereka aware nggak sih? Nah buat menjawab semua pertanyaan ini, Dokter Gen Z udah ngobrol sama temen-temen Gen Z dari beberapa kota. 

Hafizhah Farah Azhar, 18 tahun, mahasiswi.

1. Kamu tahu nggak apa itu virus corona? 

Tau secara umum aja si, kak. Corona virus itu virus yg menyerang saluran pernafasan yg akut kaya MERS juga SARS dan belum ditemukan vaksinnya.

2. Gimana pendapat kamu soal penyebaran Covid-19 yang kini tengah jadi perhatian publik?

Menurutku, Covid-19 ini pandemi yang harus banget diwaspadai. Tapi jangan sampai kelabakan dan panik juga hehe. Karena aku perhatikan, selepas Covid-19 ini menyebar, banyak banget dampaknya di sektor lain kaya di ekonomi sampe pariwisata. Dan menurutku, kita perlu banget untuk ikutin himbauan-himbauan yang udah ada. Dari mulai penerapan hidup bersih dan sehat, kurangin kontak dengan orang lain, juga untuk ga kemana-kemana dulu. Karena semakin cepat kita tanggap untuk virus ini, bakal semakin sedikit kerugiannya juga. Jangan sampai nanti fasilitas kesehatan sampe overload dan makin banyak korban.

3. Apa pencegahan yang kamu lakuin? beli masker kah? olahraga kah?

Pencegahannya standar sih. Cuci tangan lebih sering lagi dan tetep jaga pola makan sehat, juga istirahat cukup biar daya tahan tubuh bagus. Dan untuk sementara waktu ini mungkin lebih mengisolasi diri dari keramaian juga nggak keluar-keluar kalau nggak penting-penting amat. Toh dari institusi-institusi pendidikan juga udah kasih fasilitas untuk pembelajaran online. Dan last but not least, tetep update info terbaru dari sumber terpercaya dan keep contact sama orang tua terutama buat anak-anak rantau kaya aku ini hehe.

4. Ada ketakutan nggak dengan adanya penyebaran virus ini?

Takut si engga kak, tapi waspada hehe. Dan yang paling penting, jangan panik.

Muhamad Fadly, 22 tahun, fasilitator kesehatan remaja.

1. Kamu tahu nggak apa itu virus corona? 

Virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Sepahamanku, virus ini menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat.

2. Gimana pendapat kamu soal penyebaran Covid-19 yang kini tengah jadi perhatian publik?

Maraknya penyebaran virus serta mengenai hasil positif terhadap pemeriksaan pasien-pasien suspect virus corona Indonesia, sebagai anak muda saya lebih meningkatkan kesadaran khususnya dalam  berinteraksi dengan semua orang serta fasilitas umum sih kak.

3. Apa pencegahan yang kamu lakuin? beli masker kah? olahraga kah?

Pencegahannya tentunya tidak panik, namun lebih kepada menyiapkan diri menerapkan perilaku hidup bersih, khususnya penekanan pada rajin mencuci tangan, implementasi program Germas (melakukan aktivitas fisik, makan sayur, buah-buahan dan cek kesehatan secara berkala). Kalau masker siap kalau berada ditempat yang rentan, namun tetap selalu waspada nggak lebay juga.

4. Ada ketakutan nggak dengan adanya penyebaran virus ini?

Tidak takut namun tetap selalu waspada, karena faktor risiko bisa saja terjadi.

Alfinsa Puspa Nugraheni, 17 tahun, siswi kelas XI.

1. Kamu tahu nggak apa itu virus corona? 

Tau, virus corona adalah virus yang menyerang pernapasan, virus corona pertama kali muncul dari China tepatnya di Wuhan.

2. Gimana pendapat kamu soal penyebaran Covid-19 yang kini tengah jadi perhatian publik?

Pendapat saya virus corona itu menyeramkan karena memakan banyak korban dan sampai sekarang korbannya terus bertambah.

3. Apa pencegahan yang kamu lakuin? beli masker kah? olahraga kah?

Pencegahan yang saya lakuin menjaga kesehatan seperti lebih sering mencuci tangan, menghindari memegang area wajah, dan lebih menjaga kesehatan saja.

4. Ada ketakutan nggak dengan adanya penyebaran virus ini?

Sebenernya sih ada, apalagi korbannya terus menerus bertambah bahkan ada korban jiwa. Apalagi kalangan umur seperti saya sering terkena flu jadi suka bingung sama takut itu corona atau bukan ya…

Andhika Wira Pratama, 18 tahun, siswa kelas XI.

1. Kamu tahu nggak apa itu virus corona? 

Corona adalah sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh sebuah virus yang terdapat pada hewan kelelawar, kenapa kelelawar karena kelelawar menyimpan banyak sekali virus, dan virus corona terdapat di dalam tubuh si kelelawar.

2. Gimana pendapat kamu soal penyebaran Covid-19 yang kini tengah jadi perhatian publik?

Pendapat saya corona merupakan virus.

3. Apa pencegahan yang kamu lakuin? beli masker kah? olahraga kah?

Mungkin saya akan berolahraga, karena memakai masker tidak mencegah terjadinya virus corona, yang seharusnya menggunakan masker penderita virus tersebut.

4. Ada ketakutan nggak dengan adanya penyebaran virus ini?

Tidak takut sih… 

Risandriya Anya Cinta, 16 tahun, siswi kelas XI.

1. Kamu tau ga apa itu virus corona? 

Tau sih…

2. Gimana pendapat kamu soal penyebaran Covid-19 yang kini tengah jadi perhatian publik?

Pendapatku virus ini menyebabkan keresahan di Indonesia, mulai dari harga masker yang melonjak, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membeli sembako dengan jumlah banyak, akibat nya akan merugikan orang-orang yang tak mampu untuk membeli itu semua.

3. Apa pencegahan yang kamu lakuin? beli masker kah? olahraga kah?

Lebih rajin mencuci tangan dan menjaga kesehatan.

4. Ada ketakutan nggak dengan adanya penyebaran virus ini?

Takut, tapi sebagaimana mungkin kita tidak boleh panik, karena sakit yang menentukan juga Allah.

Nah itu dia beberapa pendapat anak-anak Gen Z terkait wabah virus Covid-19, kita juga mau tahu nih gimana tanggapan dokter Fathiyah Isbaniah, Sp.P(K) dari RS Persahabatan mengenai apa sih virus Covid-19 itu dan bagaimana cara mengantisipasinya. Karena yang ahli pasti lebih pasti kan? Yuk kita simak gimana pendapat beliau dan cara apa saja yang bisa anak muda lakukan biar nggak panik. 

“Virus corona merupakan virus yang menyerang sel epitel sistem pernapasan dan akhirnya bisa menyerang paru-paru. Risiko kematian bisa terjadi apabila mereka yang terinfeksi virus ini juga memiliki penyakit penyerta.” Maksudnya korban yang terinfeksi bisa saja meninggal jika memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan juga memiliki penyakit lain seperti jantung, paru-paru, dan lainnya ketika tertular. 

Sedangkan untuk antisipasi dengan penggunaan masker, dokter yang juga merupakan Kepala Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI ini menegaskan bahwa pemakaian masker hanya untuk mereka yang sedang sakit atau tidak enak badan. Sebab masker berfungsi untuk orang sakit atau yang beresiko tertular karena interaksi jarak dekat seperti tenaga medis, bukan untuk orang yang sehat. 

“(Pada dasarnya) jangan panik, tetap memperhatikan situasi dan informasi terupdate. Menjaga kesehatan imunitas tubuh dengan makan bergizi, tidak merokok, berolahraga, dan lainnya. (Supaya tidak tertular) selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hands rub alkohol terutama sehabis memegang benda-benda umum dan jangan langsung menggosok mata dan hidung.” Tutup dokter spesialis paru-paru yang juga merupakan satgas Covid-19 ini. 

Tuh betul kan, yang paling penting jangan panik. Nurut aja kata dokter dan pemerintah untuk #dirumahaja selama 14 hari ke depan. Kamu bisa mengisi 14 hari dengan belajar mandiri sesuai himbauan, nerusin baca buku yang udah lama nggak selesai, nonton series, atau bantu-bantu beres-beres rumah. Yang penting jangan terlena menganggap ini liburan lho ya… Tetap semangat dan stay safe^^

  • 172
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya