Mungkin masih banyak dari kita yang kurang mendapat informasi seputar isu-isu kesehatan reproduksi dan seksualitas yang benar. Ya mau gimana lagi? Bagi remaja kayak kita, mencari informasi soal kesehatan reproduksi dan seksualitas ini susah banget. Mau ke mana coba? Mau tanya ke orangtua kok ya sungkan. Mau ngobrol ke teman kok ya nggak yakin sama jawabannya. Cari di Internet bisa aja sih, tapi apa iya infonya valid dan berlandaskan medis?

Duh susah!

Nah hal yang sama sebenarnya juga dirasakan oleh dr. Sarah Muharomah, seorang dokter umum asal Indonesia yang sekarang tengah bekerja untuk Johns Hopkins Center for Communication Programs di Baltimore, Amerika Serikat. Meski awalnya nggak bercita-cita sama sekali buat jadi dokter dan justru kepengen banget buat jadi Dokter Gigi, tapi dr. Sarah akhirnya jatuh cinta sama dunia kedokteran klinis setelah melihat berbagai sisi positif kemanusiaan di bidang tersebut, termasuk urusan edukasi bagi remaja.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM dan Master of Public Health dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health ini percaya bahwa “Anak muda Indonesia harus mendapat akses informasi yang tepat seputar isu kesehatan, terutama kesehatan seksual, agar mereka nantinya bisa mengambil keputusan secara tepat pula”

Atas dasar itu kemudian dr. Sarah bergabung jadi bagian Dokter Gen Z dan akan membantu kami untuk verifikasi informasi medis yang ada di konten Dokter Gen Z dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu seputar masalah medis yang kamu hadapi. Asyik deh! Nah biar kita kenal lebih dalam sama dr. Sarah, yuk deh baca artikelnya~

Pengalaman membuat dr. Sarah percaya kalau informasi seputar isu kesehatan reproduksi dan seksualitas harusnya accessible buat remaja!

Kita pasti pernah punya pengalaman yang rada awkward sama yang hal-hal soal kesehatan reproduksi dan edukasi seksual. Contohnya kayak pas lagi bercanda yang kurang tepat gitu sama teman. Baik itu kurang tepat secara norma, maupun kurang tepat secara keilmuan. Akhirnya ya topik-topik seputar kespro ini cuma jadi bahan guyonan tanpa kita tahu informasi yang benarnya kayak gimana.

Nah hal itu juga yang bikin dr. Sarah makin yakin kalau informasi yang tepat soal kespro itu wajib mudah diakses oleh anak muda. Kalau kata dr. Sarah, “Mereka harusnya punya akses informasi kesehatan yang lebih mudah sehingga nggak akan ada lagi anak muda yang mengalami hal yang sama kayak yang saya alami dulu”

Permasalahan kesehatan yang harus diketahui anak muda itu beragam, termasuk soal kesehatan reproduksi dan kesehatan mental

Bicara soal topik kesehatan memang luas banget cakupannya. Tapi kalau kita persempit jadi topik kesehatan remaja, yang muncul di kepala adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan (yang kurang sehat) dan cedera termasuk soal kecelakaan lalu lintas. Contoh lain tentu soal pengetahuan kesehatan reproduksi. Karena tanpa pengetahuan kespro yang tepat, akan ada remaja yang salah pilih jalan sehingga dia membahayakan dirinya sendiri.

Selain hal-hal tersebut, dr. Sarah juga bilang kalau “Salah satu masalah kesehatan yang mulai menjangkit anak muda Indonesia adalah soal kesehatan mental.” Waah… Memang semakin berkembangnya zaman, semakin pelik juga masalahnya 🙁

Namun bukan berarti lantas kita cuma berserah diri ya. Salah satu langkah terbaik untuk membentengi diri ya dengan memperoleh informasi yang tepat. Balik lagi seperti kalimat dr. Sarah di awal bahwa “dengan informasi yang tepat maka remaja akan bisa memilih jalan yang tepat pula.”

Karena itu kamu jangan ragu buat tanya-tanya ke Dokter Gen Z kalau ada pertanyaan yang mengganjal di pikiran soal topik kesehatan. Akan ada dr. Sarah Muharomah yang siap menjawab pertanyaanmu kok! Cus deh buruan kirim email pertanyaanmu ke Kontak Kami biar dapat pencerahan dari jawaban dr. Sarah!

  • 1.9K
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya