Walaupun karantina mandiri masih dihimbau oleh pemerintah, nggak menutup kemungkinan untuk kamu keluar rumah dalam keadaan darurat. Misalnya, untuk membeli kebutuhan esensial seperti kebutuhan pokok ke pasar atau supermarket. Bisa jadi setelahnya kamu membawa berbagai virus dan penyakit yang disebabkan oleh kondisi di luar rumah. Makanya kamu harus melakukan beberapa protokol setelah bepergian sebelum masuk rumah. Supaya virus atau penyakit yang mungkin terbawa bisa dicegah penyebarannya. Nah ini dia beberapa petunjuk aman yang direkomendasikan oleh Gugus Tugas COVID-19 dan BNPB ketika masuk rumah setelah bepergian:

Jangan menyentuh apapun dan segera mencuci tangan sebelum menyentuh barang ketika masuk rumah

Sebelum masuk rumah, pastikan kamu sudah melepaskan alas kaki seperti sepatu atau sandal. Setelah itu kamu bisa membuka pintu menggunakan siku. Kalau terpaksa menggunakan tangan, jangan lupa untuk membersihkan gagang pintu setelah membersihkan diri. 

Segera ganti baju dan rendam baju yang baru saja dipakai 

Setelah masuk ke rumah, letakkan kunci kendaraan, dompet, telepon seluler, tas, dan lainnya ke dalam tempat khusus untuk nanti dibersihkan. Lepas baju dan segera rendam baju dengan air dan deterjen. 

Mandi atau bersihkan kulit yang terpapar udara luar

Setelah merendam baju, pastikan untuk segera mandi untuk membersihkan diri. Atau jika tidak mandi maka bersihkan bagian diri yang terpapar udara luar seperti telapak tangan, tangan dan lengan, kaki, dan muka misalnya dengan air dan sabun. 

Bersihkan telepon seluler dan barang-barang lainnya

Setelah mandi atau membersihkan diri, saatnya membersihkan barang-barang yang dibawa dari luar. Misalnya menyemprot dompet, kacamata, tas, kunci dengan alkohol atau disinfektan. Begitu pula dengan telepon seluler dan barang belanjaan. Oh iya jangan lupa juga semprot kenop atau gagang pintu agar bersih kembali ya…

Itu dia beberapa protokol kebersihan atau pedoman kesehatan sebelum masuk rumah yang bisa kamu praktekkan. Supaya, meskipun kamu harus terpaksa keluar kamu tetap bisa mencegah penularan COVID-19. Ikuti prosedur ini agar bisa menjaga diri dan keluarga ya!

  • 1
    Share

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya