Meskipun menstruasi adalah siklus bulanan bagi perempuan, tapi ternyata menstruasi itu bisa jadi dialami dengan beda-beda. Kamu mungkin punya siklus yang berbeda dengan siklus menstruasi Ibumu atau teman-temanmu. Itu baru siklus, belum lagi banyaknya darah sampai nyeri yang dirasa. Tiap perempuan bisa jadi beda-beda.

Saking variatifnya, ternyata banyak banget pertanyaan yang masuk ke redaksi Dokter Gen Z soal menstruasi. Kami paham kalau menstruasi memang kadang membingungkan bagi remaja kayak kita. Karena itu kemudian dr. Sarah Muharomah secara personal menjawab pertanyaan dari teman-teman melalui artikel kali ini. Nah biar kita sama-sama tercerahkan, yuk deh langsung aja simak QnA episode menstruasi kali ini~

  • Aku sekarang berumur 15 tahun dan bulan kemarin aku gak menstruasi. Itu kenapa ya?

Hal ini karena sistem hormonal (endokrin) dan organ reproduksi yang masih berkembang. Pada 1-3 tahun pertama, siklus menstruasi masih fluktuatif. Panjang siklus menstruasi untuk remaja adalah 21-45 hari (rata-rata 28 hari) dan kadang butuh hingga 6 tahun sampai siklus menstruasi menjadi teratur.

  • Saya belum pernah menstruasi padahal banyak teman saya yang sudah datang bulan. Sekarang saya 13 tahun. Apakah saya sakit?

Perempuan Indonesia rata-rata mens untuk pertama kali pada usia 12-14 tahun jadi kamu tidak perlu khawatir (IDHS, 2012). Penting untuk berkonsultasi ke dokter jika kamu belum menstruasi hingga berusia 15 tahun.

  • Normal gak sih kalau mens saya cuma 2 hari dan darahnya kadang ada kadang gak ada?

Normal kok. Waktu keluarnya darah mens pada remaja antara 2-7 hari dan jumlahnya antara 30-80 ml. Yang berarti sepanjang kamu datang bulan, total darah yang keluar mungkin hanya sebanyak 2 sendok makan.

  • Saya sering banget liat gumpalan-gumpalan merah di pembalut, apalagi kalau lagi banyak-banyaknya. Bahaya gak sih? Dan apa penyebabnya?

Hal normal jika ada gumpalan darah dipembalut kamu selama tidak ada pendarahan yang berlebihan. Gumpalan darah terjadi karena darah dioksidasi udara dank arena proses pembekuan darah. Tapi kamu harus kedokter jika pembalut kamu penuh dalam satu jam dan terjadi selama 2 jam berturut-turut, ada gumpalan lebih besar dari 2.5 cm (kira-kira sebesar koin Rp 1000), sulit beraktifitas saking banyaknya darah, dan kamu menggunakan 2 pembalut untuk mengontrol aliran darah. Kamu harus segera kedokter jika kamu merasa pusing, denyut nadi cepat dan terasa mau pingsan.

  • Mentruasi saya gak teratur. Bagaimana caranya bisa teratur?

Kamu harus menunggu system hormon dan organ reproduksi kamu matang. Yang penting adalah menkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan berolahraga teratur. Nutrisi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan remaja. Olahraga menjaga berat badan ideal dan kesehatan fisik. Kamu bisa membaca hubungan antara berat badan dan menstruasi di sini.

  • Katanya banyak hal yang bisa ngeganggu siklus menstruasi kamu. Apa aja sih itu?

Penyakit yang mengganggu secara signifikan fungsi pituitary dan hipotalamus  (bagian diotak yang penting dalam regulasi hormon), thyroid, ovarium, rahim, dan infeksi panggul bisa mengganggu siklus menstruasi kamu. Keadaan yang menyebabkan stress signifikan pada tubuh seperti olahraga berlebihan dan malnutrisi dapat juga mengganggu menstruasi.

  • Saya kadang bingung nyeri diperut karena PMS atau hal lain.

Nyeri haid atau dysmenorrhea primer berhubungan dengan waktu menstruasi. Bisanya irasakan sebelum menstruasi dimulai dan berkurang dalam 1-3 hari setelah mulai mentruasi. Nyeri terasa di perut dan punggung bagian bawah, kadang terasa di paha atas. Sindrom premenstrual (PMS) biasanya disertai nyeri payudara, mual, pusing, dan nyeri kepala.

  • Kalau datang bulan saya selalu ngerasa sakit tapi kok sekarang jadi lebih sakit daripada biasanya. Saya tidak tau itu normal atau tidak

Kamu sebaiknya ke dokter jika nyeri perut sudah mengganggu kehidupan sehari-hari, makin lama makin sakit, seperti yang terjadi dikasus kamu, atau nyeri bertambah parah setelah berusia 25 tahun.

  • Bagaimana sih caranya bikin nyeri haid gak sakit?

Ada beberapa obat yang bisa kamu minum jika sedang nyeri haid seperti Ibuprofen. Kamu bisa bicara ke orangtua atau orang dewasa yang kamu percaya seperti gurumu dan mereka bisa membantu kamu. Kamu juga bisa menaruh sesuatu yang hangat seperti botol air hangat, atau self-heating patch di perut bagian bawah. Olahraga juga bisa mengurangi gejala PMS dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

 

Gimana, apakah pertanyaanmu sudah terjawab? Semisal kamu ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, baik untuk topik menstruasi atau masalah remaja lainnya, jangan ragu buat hubungi kami lewat laman Kontak Kami. Tenang, identitasmu akan dijamin kerahasiaannya dan pertanyaanmu akan dijawab langsung oleh dr. Sarah. Cus deh kirim aja pertanyaanmu sekarang~

  • 108
    Shares

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya